Doa yang Dianjurkan Dibaca pada Hari Tasyrik

Octri Amelia Suryani - Idul Adha 2021 Doa Sehari-hari Hari Tasyrik 22/07/2021
Gambar oleh chzaib dari Pixabay
Gambar oleh chzaib dari Pixabay

Oase.id - Puasa adalah salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim. Namun, selain memiliki hukum wajib dan sunah, puasa juga ada yang diharamkan.

Seperti yang terjadi setelah Hari Raya Idul Adha, umat muslim akan menemukan hari tasyrik yang jatuh pada setiap tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari tasyrik disebut juga dengan Hari Nahar yang artinya hari untuk menyembelih. Pada hari Tasyrik ini, umat muslim diharamkan berpuasa.

Rasulullah ﷺ bersabda:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَابِقٍ قَالَ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ وَأَوْسُ بْنُ الْحَدَثَانِ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ فَنَادَيَا أَنْ لَا يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مُؤْمِنٌ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ 

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami (Muhammad bin Sabiq) berkata; telah mengabarkan kepada kami (Ibrahim bin Thahman) dari (Abu Az Zubair) dari (Ibnu Ka'ab bin Malik) dari (Bapaknya) menceritakannya Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam mengutusnya bersama Uwais bin Al Hadatsan pada Hari Tasyrik, lalu keduanya menyerukan bahwa tidak akan masuk surga kecuali orang mukmin dan Hari Tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Ahmad)

Meskipun demikian, umat muslim hendaknya tidak melupakan ibadah yang lain. Seperti amalan yang juga dianjurkan pada hari Tasyrik tersebut, yakni perbanyak berdoa. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Tasyrik adalah doa sapu jagat. 

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 203 yang berbunyi:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Artinya: "Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya." (QS. Al Baqarah: 203).

Dinamakan doa sapu jagat karena di dalamnya terkandung kebaikan di dunia dan akhirat, serta kesehatan, rezeki dan segala hal yang positif lainnya. Bacaan doa sapu jagat terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (Al Baqarah: 201)

Doa sapu jagat ini bisa diamalkan setiap hari dan dibaca setelah salat fardu. Terutama saat memasuki hari Tasyrik.


(ACF)