Masjidil Haram Dilengkapi 15 Alat Penyelamat Jiwa untuk Darurat Jantung

N Zaid - Makkah 06/02/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Situs paling suci dalam Islam, Masjidil Haram di Makkah telah mengambil langkah-langkah keamanan bagi jamaah yang menghadapi serangan jantung mendadak. Pihak berwenang telah memasang 15 defibrilator eksternal otomatis (AED).

Defibrillator Eksternal Otomatis bersifat portabel dan telah terbukti menjadi komponen yang menyelamatkan jiwa. AED dapat mengirimkan kejutan listrik kecil ke jantung untuk mengembalikan detak jantung normalnya.

Perangkat portabel ini tidak memerlukan pelatihan medis apa pun dan dirancang untuk pengoperasian yang mudah digunakan.

Diposisikan secara strategis di seluruh Masjidil Haram, sering dikunjungi oleh jutaan umat Islam setiap tahunnya untuk salat dan umrah, AED ini memainkan peran penting dalam mengatasi 19 insiden jantung tahun lalu.

Khususnya, mereka ditempatkan di lokasi-lokasi penting seperti gerbang utama, mataf (tempat jamaah mengelilingi Ka'bah), dan Perpanjangan Ketiga masjid.

Sejalan dengan komitmen pemerintah Saudi terhadap keselamatan dan kenyamanan pengunjung, AED melengkapi berbagai fasilitas medis yang disediakan di Masjidil Haram.

 Selain itu untuk memfasilitasi para peziarah, kebijakan baru telah diperkenalkan. Salah satunya adalah perpanjangan masa berlaku Visa Umroh. Kini individu dapat tetap santai selama 30-90 hari setelah penerbitan Visa Umrah.

Selain itu, pemegang Visa dapat masuk melalui pelabuhan mana pun di negaranya baik itu darat, udara, atau laut.

Selain itu, individu yang tinggal di negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk telah diberikan kesempatan untuk mengajukan visa turis, apa pun profesinya, sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan ibadah umrah.

Warga negara Saudi dapat menyampaikan undangan umrah kepada teman-teman dari luar negeri, dan jamaah haji wanita tidak lagi memerlukan wali laki-laki sebagai pendamping.

Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq Al Rabiah, menyoroti kemajuan ini. Sesuai laporan sekitar 13,5 juta orang melakukan umrah tahun lalu yang memang memecahkan rekor.

Masjidil Haram, konstruksi Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, terdiri dari Ka'bah Suci. Ka'bah Suci memegang posisi penting di jantung umat Islam.

Pemerintah Saudi dengan kemajuannya baru-baru ini bertujuan untuk menjaga kesucian tempat suci dan menjamin keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan para peziarah yang mengunjungi Tempat Suci dari seluruh dunia.(tii)


(ACF)
TAGs: Makkah