Liga Dunia Muslim Menyambut Baik Pengumuman PBB Untuk Mengadopsi Resolusi Anti-Intoleransi

N Zaid - Kerukunan dan Toleransi 26/07/2023
Rasmus Poludan membakar salinan Al-Quran. Foto: Ist
Rasmus Poludan membakar salinan Al-Quran. Foto: Ist

Oase.id - Liga Dunia Muslim menyambut baik pengumuman PBB untuk mengadopsi resolusi terkait dengan “dialog antar pemeluk agama dan budaya serta toleransi dalam menghadapi ujaran kebencian.”

Sekretaris Jenderal Sheikh Mohammad Al-Issa, yang juga mengetuai Organisasi Cendekiawan Muslim, menyatakan pujian MWL atas konsensus internasional yang ditunjukkan oleh rancangan resolusi tersebut.

Ini mengutuk keras semua tindakan kekerasan terhadap orang-orang berdasarkan agama atau kepercayaan mereka, serta setiap tindakan semacam itu terhadap simbol agama, kitab suci, rumah, atau bisnis, properti, sekolah, pusat budaya, atau tempat ibadah mereka, dan semua serangan terhadap tempat, situs, dan tempat suci keagamaan, yang melanggar hukum internasional.

Al-Issa mengatakan bahwa mendefinisikan simbol agama dan kitab suci dalam keputusan ini merupakan perubahan kualitatif yang penting dalam upaya internasional untuk menghadapi kejahatan ini dan kemenangan nilai-nilai moderasi.

Ini termasuk penghormatan terhadap kesucian agama mengingat eskalasi yang berbahaya dan mengganggu baru-baru ini dalam praktik kebencian yang terang-terangan dan disengaja terhadap umat Islam, yang terbaru adalah penodaan berulang kali terhadap salinan Al-Qur'an di beberapa negara di bawah perlindungan resmi untuk mempraktekkan provokasi ini.

Dia menambahkan bahwa perilaku seperti itu mencerminkan keterbelakangan peradaban dan moral serta mendistorsi konsep sadar akan kebebasan berekspresi.

Ini menghalangi kualitas yang ingin diperkuat dunia seperti cinta, harmoni, dan toleransi antara bangsa dan manusia.

Al-Issa menyimpulkan bahwa resolusi ini akan berkontribusi untuk mengurangi bahaya praktik yang mendorong kebencian dan provokasi perasaan keagamaan yang hanya melayani agenda ekstremisme.(arabnews)


(ACF)