Presiden Dorong Kemenag Perhatikan Ekonomi Pesantren

N Zaid - Kementerian Agama 08/10/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Agama untuk memperhatikan ekonomi pesantren. Hal ini diungkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yan mengaku sempat bertemu Presiden baru-baru ini.

"Beberapa hari lalu saya bertemu Presiden Joko Widodo, mengamanahkan untuk lebih memperhatikan ekonomi pesantren," kata Menag Yaqut di hadapan para kiai muda pengasuh pondok pesantren se Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan, Sabtu (7/10/2023) malam .

Acara tersebut bertajuk "Sarasehan Kyai Muda Pesantren", yang digelar di Pondok Pesantren Krapyak, Bantul. Yogyakarta.

Menag Yaqut juga berharap, program Kemandirian Pesantren dapat dirasakan seluruh warga pesantren hingga masyarakat luas. "Saya ingin masyarakat merasakan manfaat yang lebih dari program pemerintah, terlebih Pondok Pesantren dan banyak pihak," kata Menag.

Yaqut, menilai bahwa dengan ekonomi pesantren yang kuat maka dakwah akan lebih mudah tersampaikan di tengah masyarakat.

"Ekonomi pesantren harus dikembangkan mulai dari pelatihan hingga pemasaran hasil produk untuk memakmurkan lingkungan pesantren. Maka dari itu, harus ada kegiatan produktif di lingkungan pesantren," terang Gus Men.

Terkait hal ini, lanjut Gus Men, Kementerian Agama bisa memberikan stimulan/rangsangan untuk mengembangkan sekaligus mendorong ekonomi pesantren. Di sinilah titik penting program ekonomi pesantren.

Turut mendampingi Menag Yaqut, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama. Tampak juga Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin, Kakanwil Kemenag DIY, Masmin Afif.


(ACF)