8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Didukung Ilmu Pengetahuan

N Zaid - Ramadhan 22/03/2023
Ilustrasi. Foto: Pixabay/Ompia
Ilustrasi. Foto: Pixabay/Ompia

Oase.id - Puasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, peningkatan kontrol gula darah, dan penurunan peradangan. Mungkin juga menawarkan perlindungan terhadap kondisi tertentu seperti kanker dan gangguan neurodegeneratif.

Terlepas dari lonjakan popularitasnya baru-baru ini, puasa adalah praktik yang telah berlangsung selama berabad-abad dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama.

Didefinisikan sebagai pantang dari semua atau beberapa makanan atau minuman untuk jangka waktu tertentu, ada banyak cara puasa yang berbeda.

Secara umum, sebagian besar jenis puasa dilakukan selama 24-72 jam.

Puasa intermiten, di sisi lain, melibatkan perputaran antara periode makan dan puasa, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari sekaligus.

Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan dari puasa — didukung oleh sains.

1. Meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, tinjauan tahun 2014 lainnya menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel Anda dengan lebih efisien.

Ditambah dengan potensi efek penurunan gula darah dari puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah Anda.

Perlu diingat bahwa beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memengaruhi kadar gula darah secara berbeda untuk pria dan wanita.

Misalnya, satu studi 3 minggu yang lebih tua menunjukkan bahwa mempraktikkan puasa alternatif merusak kontrol gula darah pada wanita tetapi tidak berpengaruh pada pria.

2. Meningkatkan kesehatan yang lebih baik dengan melawan peradangan

Sementara peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin terlibat dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis reumatoid.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan.

Satu ulasan dari 18 penelitian menemukan bahwa puasa intermiten dapat secara signifikan menurunkan kadar protein C-reaktif, yang merupakan penanda peradangan.

Studi kecil lainnya menemukan bahwa berlatih puasa intermiten selama 1 tahun lebih efektif dalam menurunkan tingkat peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Terlebih lagi, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengikuti diet sangat rendah kalori untuk meniru efek puasa mengurangi tingkat peradangan dan bermanfaat dalam pengobatan multiple sclerosis, kondisi peradangan kronis.

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5% kematian secara global.

Mengubah pola makan dan gaya hidup Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

Satu ulasan mengungkapkan bahwa puasa alternatif dapat menurunkan kadar kolesterol total dan beberapa faktor risiko penyakit jantung pada orang yang kelebihan berat badan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Ulasan lain menunjukkan bahwa puasa alternatif dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total, dan kolesterol LDL (jahat).

Selain itu, satu penelitian yang lebih tua pada 4.629 orang mengaitkan puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang jauh lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif

Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.

Satu studi tahun 2013 pada tikus menunjukkan bahwa berlatih puasa intermiten selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak.

Penelitian pada hewan lainnya melaporkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Karena puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

Secara khusus, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dan meningkatkan hasil untuk kondisi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek puasa pada fungsi otak pada manusia.

5. Membantu penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme

Banyak pelaku diet bereksperimen dengan puasa untuk mencoba menurunkan berat badan.

Secara teoritis, menjauhkan diri dari semua atau makanan dan minuman tertentu akan menurunkan asupan kalori Anda secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan peningkatan penurunan berat badan seiring waktu.

Beberapa penelitian pada hewan juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, satu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan menurunkan lemak tubuh selama 12–24 minggu.

Ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten sebenarnya lebih efektif dalam mendorong penurunan berat badan dibandingkan dengan pembatasan kalori terus menerus.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa puasa dapat menyebabkan pengurangan lemak tubuh dan lemak perut yang lebih besar dibandingkan dengan pembatasan kalori terus menerus.

6. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan, yang penting untuk pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan Anda.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam metabolisme, penurunan berat badan, dan pertumbuhan otot.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH.

Satu studi pada 11 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

Studi kecil dan lebih tua lainnya pada sembilan pria menemukan bahwa puasa hanya selama 2 hari menyebabkan peningkatan lima kali lipat dalam tingkat produksi HGH.

Plus, puasa dapat membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil sepanjang hari, yang selanjutnya dapat mengoptimalkan kadar HGH, karena beberapa penelitian telah menemukan bahwa insulin dapat memengaruhi sekresi HGH.

7. Bisa memperpanjang umur

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan pada potensi efek perpanjangan umur dari puasa.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang berpuasa hidup 28% lebih lama dan mengembangkan penyakit lebih lambat daripada tikus yang diberi akses makanan tanpa batas.

Penelitian lain menemukan temuan serupa, melaporkan bahwa puasa bisa efektif dalam meningkatkan umur panjang dan menunda penyakit.

Namun, penelitian saat ini sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat berdampak pada umur panjang dan penuaan pada manusia.

8. Dapat membantu pencegahan kanker dan meningkatkan efektivitas kemoterapi

Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat bagi pengobatan dan pencegahan kanker.

Faktanya, satu penelitian tikus yang lebih tua menemukan bahwa puasa alternatif membantu memblokir pembentukan tumor.

Penelitian lain dalam tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi perkembangan tumor dan meningkatkan efektivitas kemoterapi.

Sayangnya, sebagian besar penelitian terbatas pada efek puasa terhadap pembentukan kanker pada hewan dan sel.

Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, studi tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana puasa dapat memengaruhi perkembangan dan pengobatan kanker pada manusia.(healtline)


(ACF)
TAGs: Ramadhan