Sebuah Prakarsa Mendokumentasikan Perjalanan Nabi dari Makkah ke Madinah

N Zaid - 30/12/2022
 Tim tersebut menghabiskan lebih dari satu tahun untuk meneliti dan mendokumentasikan jalur dari Gua Thawr di Makkah ke Masjid Quba di Madinah. Foto: Dok
Tim tersebut menghabiskan lebih dari satu tahun untuk meneliti dan mendokumentasikan jalur dari Gua Thawr di Makkah ke Masjid Quba di Madinah. Foto: Dok

Oase.id - Tim di belakang prakarsa Muhajir (bahasa Arab untuk 'migran') mengumumkan bahwa mereka telah mendokumentasikan perjalanan Nabi Muhammad  dari Gua Thawr di Makkah ke Masjid Quba di Madinah, termasuk lebih dari 20 perhentian.

Seperti dikutip dari Arabnews, Tim ini menghabiskan lebih dari satu tahun untuk meneliti dan mendokumentasikan jalur yang diambil oleh konvoi Nabi .

Mohammed bin Samel Al-Salami, seorang profesor sejarah dan biografi Nabi  – dan anggota tim Muhajir – mengatakan kepada Arab News bahwa tim tersebut sangat bergantung pada buku-buku biografi Nabi  untuk tujuan penelitian.

Beberapa rute yang diambil Nabi  dalam pelariannya dari persekongkolan melawannya di Makkah, kata Al-Salami, tidak diketahui pada saat itu.

Al-Salami menambahkan bahwa detail perjalanan Nabi  akan ditampilkan di Museum Migrasi di Gunung Thawr di Makkah dalam sebuah pameran termasuk dokumenter, foto, gambar, dan peta. Pertunjukan akan dilakukan dalam beberapa bahasa untuk memungkinkan peziarah dan pengunjung asing untuk menikmatinya juga.

Pameran yang akan segera dibuka itu akan melengkapi pameran yang sudah berjalan yang menceritakan kisah wahyu, tambahnya, yang terbukti populer di kalangan peziarah.

Inisiatif Muhajir adalah salah satu dari beberapa proyek budaya yang diluncurkan oleh perusahaan Investasi Samaya, bersama dengan Pusat Kebudayaan Gunung Thawr.


(ACF)
TAGs: