Rekomendasi Pasar Ramadhan Jogja, Yuk Berburu Takjil

Octri Amelia Suryani - Ramadhan Puasa Kuliner 15/04/2022
Kuliner di Malioboro Jogya (Foto: Dok. Medcom.id)
Kuliner di Malioboro Jogya (Foto: Dok. Medcom.id)

Oase.id - Pada momen Ramadhan ini, wisata kuliner tentu dinanti-nanti oleh para penggemarnya. Biasanya hadir pada sore hari dengan berbagai macam menu berbuka puasa yang pastinya sudah dirindukan. Contohnya seperti yang terjadi di Yogyakarta.

Sebenarnya pasar jajanan untuk berbuka puasa ada di setiap daerah. Akan tetapi, pada artikel kali Oase.id ini akan menjelaskan tentang spot pasar Ramadhan Jogja yang cocok untuk pilihan menu berbuka puasa. Tempat ini setiap hari biasanya mulai buka sekitar pukul 16:00 WIB.

Pasar sore ini seolah menjadi lumbungnya makanan pada bulan Ramadhan. Sebab, di sini banyak menawarkan jenis makanan. Dari berbagai macam camilan, minuman, bahkan lauk pauk untuk berbuka puasa. Misalnya jajanan yang ditawarkan adalah kolak, kurma, gorengan, berbagai jenis mie, minuman dingin, es buah, jajanan pasar tradisional, dan masih banyak lagi.

Lokasinya pun tidak sulit untuk ditemui. Biasanya pasar sore ini digelar di jalanan umum yang mudah diakses oleh warga sekitar maupun wisatawan yang sedang berkunjung.

Berikut beberapa lokasi pasar Ramadhan di Yogyakarta:

1. Pasar Sore Jogokariyan

Sekarang dijuluki sebagai Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ). Kampung Ramadan Jogokariyan punya pasar kaget yang berdiri atas inisiatif warganya yang terkenal aktif dalam berbagai kegiatan agama.

Pasar Kampung Ramadhan Jogokariyan ini tiap tahunnya dipenuhi oleh ratusan pedagang dan juga pengunjung yang jumlahnya terus bertambah. Selain itu, Kampung Ramadhan Jogokariyan juga menyediakan sekitar 3.000 takjil gratis selama bulan Ramadhan yang semuanya dikelola oleh takmir Masjid Jogokariyan.

2. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Pasar sore Kauman merupakan pasar kaget sesepuh yang ada di Yogyakarta. Pasar ini sudah ada sejak tahun 90-an. Pasar ini juga berdiri atas inisiatif warga Kampung Kauman. Masyarakatnya terkenal religius dan selalu antusias menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

Selain pasar kaget, setiap sore di bulan Ramadhan warga Kampung Kauman juga menyediakan takjil gratis untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa di sini tepatnya di Masjid Gedhe Kauman.

3. Pasar Ramadhan Pakualaman

Pasar ini dimulai pada tahun 2015 atas kerja sama warga Kelurahan Purwokinanti dan salah satu hotel yang berlokasi di Jalan Gajah Mada. Oleh sebab itu, pasar kaget ini diberi nama Gajah Mada Ramadhan Festival.

Tetapi nama ini tidak melekat, karena lokasi pasar ada di sekitar daerah Pakualaman. Jadi, masyarakat banyak yang menyebut pasar kaget ini dengan Pasar Ramadhan Pakualaman.

Selain aneka macam takjil, pasar ini juga menjual produk lain seperti pakaian dan batu akik. Dekorasi tempatnya pun juga menarik dengan payung-payung yang mempercantik lokasi ini.

4. Pasar Ramadhan Plaza XT Square

Di pasar ini selain menjual aneka takjil, kamu juga bisa menyaksikan berbagai macam event. Seperti mewarnai, menyanyi, musik serta mengikuti workshop. Pasar ini juga masuk pada kategori pasar Ramadhan kekinian. 

5. Teras Malioboro

Teras Malioboro termasuk tempat baru yang dapat dikunjungi. Sebagai tempat relokasi dari pedagang kaki lima di Jalan Malioboro, tempat ini juga menjadi lokasi kuliner Jogja yang disarankan untuk dikunjungi. Baik pada waktu biasa maupun saat akan berbuka puasa.

6. Alun-alun Jogja

Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan adalah dua tempat yang menjadi ikon wisata di Yogyakarta. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner saat di Jogja. Dan pastinya tempat ini juga menjadi rekomendasi untuk berburu takjil.

Demikian informasi mengenai rekomendasi spot jajanan buka puasa selama Ramadhan di Jogja. Buat pewisata jangan sampai ketinggalan spot-spot di atas ya.


(ACF)