Ayat Al-Quran yang Mengandung Ajaran Pentingnya Menjaga Alam dan Lingkungan

Octri Amelia Suryani - Al-Quran Hukum Islam 24/11/2021
Ayat Al-Quran soal menjaga lingkungan (Foto: Pixabay-Larisa-K)
Ayat Al-Quran soal menjaga lingkungan (Foto: Pixabay-Larisa-K)

Oase.id - Masyarakat hendaknya selalu menjaga keseimbangan alam. Masyarakat dapat memanfaatkan alam sesuai kebutuhan. Memanfaatkannya secara tidak berlebihan demi tercapainya keseimbangan alam.

Merawat dan menjaga alam serta lingkungan untuk berkembang dengan lebih baik sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Hal ini sudah ditekankan dalam Islam bahwa keberadaan manusia di muka Bumi selain beribadah juga menjadi khalifah. Beberapa ketentuan terkait kewajiban manusia menjaga lingkungan juga termaktub dalam Al-Quran.

Allah Swt berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 22:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُون

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

BACA: Ingat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid

Allah Swt dalam ayat lain juga menekankan agar manusia selalu menjaga alam dan menghindari segala bentuk perusakan. Sebagaimana yang termaktub dalam Q.S Al-A’raf ayat 56:

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Selain itu, Allah juga berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 205. Dalam ayat ini disebutkan bahwa merusak lingkungan menjadi salah satu sifat orang munafik.

وَإِذَا تَوَلَّىٰ سَعَىٰ فِى ٱلْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ ٱلْحَرْثَ وَٱلنَّسْلَ ۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ ٱلْفَسَادَ

Artinya: “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.”

Berdasarkan tiga ayat di atas, maka dapat dipahami bahwa merawat dan menjaga alam serta lingkungan sangat penting. Hendaknya sebagai manusia dan khalifah di muka bumi secara bersama-sama menjaga dan mencintai alam untuk keseimbangan di dunia ini.


(ACF)