Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Berkilau Selama Pandemi

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 27/02/2021
Gambar oleh Niek Verlaan dari Pixabay
Gambar oleh Niek Verlaan dari Pixabay

Oase.id – Tetap berada di rumah atau sudah mulai bekerja di kantor tetap harus menjaga kebersihan tangan terutama pada bagian kuku. Bagian dalam kuku terdapat jutaan kuman yang mengancam kesehatan apalagi di tengah pandemi covid-19.

Maka dari itu, menjaga kebersihan kuku menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah penularan virus tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kuku tetap sehat;

1. Vitamin B

Dilansir dari everydayhealth.com, Dokter kulit dari Rumah Sakit William Beaumont di Royal Oak Dr. D'Anne M. Kleinsmith mengatakan bahwa orang orang yang memiliki kuku yang lemah dapat memanfaatkan vitamin B untuk membantu kukunya menjadi lebih kuat dan sehat.

“Biotin yang termasuk pada kelompok Vitamin B kompleks, terbukti bermanfaat untuk memperkuat dan menumbuhkan kuku,” ujarnya.

2. Memotong kuku

Memotong kuku dengan teratur dapat membantu menjaga kuku tetap sehat dan menghindari kerusakan akibat tersangkut atau patah. “Miliki kuku yang rapi, lebih alami, dan pendek menjadi tren mode saat ini,” kata Dr D'Anne.

Jangka waktu dalam memotong kuku tergantung pada seberapa cepat kuku tumbuh. Saat memotong kuku pastikan kamu juga mengikir pinggiran kuku agar terlihat lebih halus dan rapi.

3. Memakai sarung tangan saat mencuci piring

Bahan sabun cuci piring yang terlalu sering mengenai tangan akan melemahkan kuku. Menggunakan sarung tangan saat mencuci piring akan melindungi kuku dari kandungan sabun cuci tangan dan saat menggosok piring.

4. Mengurangi manikur dan kenali infeksi

Terlalu sering manikur akan menyebabkan banyak infeksi dan berIsiko kanker kulit dari sinar UV karena pewarna pada kuku. Jika ingin tetap manikur, buat terlihat sederhana untuk menjaga kuku tetap sehat.

Untuk menjaga kuku tetap sehat, kita harus mengenali tanda infeksi pada kuku agar cepat ditangani oleh dokter. Infeksi pada kuku memiliki tanda kemerahan, bengkak, nyeri dan iritasi sekitar dasar kuku.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus