4 Cara agar Daging Kurban Lebih Empuk saat Dimasak

Phooby Kamaratih - Iduladha 2020 31/07/2020
Photo by Skitterphoto from Pexels
Photo by Skitterphoto from Pexels

Oase.id – Iduladha menjadi momen kegembiraan bagi umat Islam. Di hari ini, sesama Muslim saling berbagi daging hasil hewan yang disembelih dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Daging, tentu bisa diolah menjadi hidangan paling lezat untuk keluarga. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menyajikan dan mengolah menu berbahan daging dengan tekstur yang empuk. 

Dilansir dari Tasteofhome.com, berikut adalah tips agar sajian daging yang kamu masak tetap lezat dengan tekstur yang lembut dan tidak alot;

 

Direndam

Untuk membantu menjadi empuk saat dimasak, rendamlah daging kurban bersama bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka, atau buttermilk.

Campuran tersebut tidak hanya membuat rasa daging terjaga, tapi juga menjadikan tekstur daging yang sebelumnya keras menjadi lebih lunak.

Rendam daging selama 30 menit hingga 2 jam sampai terlihat melunak atau lembek.

 

Baca: Cara Menyimpan Daging Kurban agar Bertahan Lebih Lama

 

Jangan lupakan garam

Pastikan kamu memberikan sedikit garam sebelum dimasak. Dalam proses ini, garam berfungsi untuk mengeluarkan kelembaban dari dalam daging sekaligus menjadikan rasa daging lebih khas saat dimasak.

Tidak seperti bumbu rendaman tadi, kamu bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelum daging diolah.

 

Diamkan

Untuk mendapatkan daging yang empuk, biarkan daging dalam di sebuah ruangan, tentu, ruang dapur misalnya, selama 30 menit sebelum dimasak.

Membiarkan dengan tanpa langsung mengolahnya akan membantu daging lebih cepat matang secara merata saat dimasak. Teknik ini penting untuk memastikan daging dapat matang dengan sempurna agar tidak akan bagian yang mentah atau terdapat bercak darah pada daging.

Baca: Kesalahan yang Kerap Terjadi saat Mengolah Daging Kurban Menjadi Sate

 

Suhu memasak yang tepat

Memasak terlalu lama bisa membuat daging  menjadi kering. Sebaliknya, daging yang kurang matang biasanya akan memiliki tekstur terlampau kenyal.

Untuk potongan daging sapi, gunakan temperatur suhu memasak sebesar 125ºF. Sedangkan potongan yang lebih keras seperti brisket atau sandung lamur harus dimasak hingga 195ºF.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan