3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanakan Salat

Siti Mahmudah - Masjid 01/03/2021
Photo by David McEachan from Pexels
Photo by David McEachan from Pexels

Oase.id - Salat 5 waktu adalah rukun Islam yang wajib ditunaikan umat muslim di seluruh dunia. Idealnya, salat dilakukan di masjid dan secara berjamaah.

Menurut buku berjudul “Waktu dan Tempat Shalat” karya Isnan Ansory, ada tiga masjid yang dianggap paling afdal untuk melaksanakan salat. Tempat afdal (utama) yang dimaksud adalah tempat tersebut memiliki nilai dan kualitas yang khusus, dibandingkan tempat salat lainnya.

Berikut 3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanakan Salat:

1. Masjid al-Haram

embed

Photo by: HansMusa/Shutterstock.com

Masjid terbesar di dunia ini berlokasi di pusat kota Mekkah. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam. Masjid al-Haram atau Masjidilharam merupakan tempat suci bagi kaum muslimin.

 

2. Masjid Nabawi

embed

Photo by: Konevi/Pixabay

 Masjid yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Lokasinya di pusat kota Madinah, Arab Saudi. Juga, merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah masjid al-Haram.

 

3. Masjid al-Aqsha

embed

Photo by: Anna Sulencka/Pixabay

Baitulmaqdis berkubah biru yang merupakan nama sebuah kompleks dengan luas 144.000 meter persegi yang berada di Kota Lama Yerusalem. Masjid al-Aqsha menjadi kiblat umat Islam generasi awal hingga tujuh belas bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Ka’bah di Masjidilharam.

Rasulullah saw pun menjelaskan keistimewaan ibadah salat yang dilakukan di tiga masjid tersebut. Yakni sebagai berikut.

Dari Abu ad-Dar’da’ra: Nabi saw bersabda:

Salat di masjid al-Haram, lebih utama sebanyak 100.000 kali di banding salat di masjid lainnya. Dan di masjidku (masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali. Sedangkan di masjid Bait al-Maqdis, lebih utama 500 kali. (HR. Thabrani)

Meski ketiga masjid di atas memiliki keistimewaan, namun pada dasarnya Allah SWT tidak pernah menyulitkan umat-NYA, terutama dalam hal melaksanakan salat. Salat bisa dilakukan di mana saja. Yang terpenting, tempat tersebut sesuai dengan syarat sahnya salat, yakni tempatnya suci, bersih dari najis.


(ACF)
TAGs: Masjid
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus