Rutin Sedekah Subuh, Berikut Cara Melaksanakan dan Keutamaannya

Phooby Kamaratih - 10/06/2021
Gambar oleh Niek Verlaan dari Pixabay
Gambar oleh Niek Verlaan dari Pixabay

Oase.id – Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ibadah ini mampu menghapuskan dosa-dosa yang menolak bala. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bersedekah, baik bagi penerima maupun yang memberi.

Dari Hakim bin Hizam Radhiyallahu Anhu, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah ketika merasa cukup, barangsiapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya.” (HR Al Bukhari, Ahmad, An-Nasa’i (dari Abu Hurairah).
 
Sedekah subuh biasanya dilakukan tepat setelah Subuh, sebelum matahari muncul. Bersedekah melebihi waktu tersebut tidak dilarang, namun jika ingin waktu yang mustajab maka segerakanlah. Dalam buku "Sapu Jagat Keberuntungan 2018" untuk melakukan sedekah Subuh bisa melakukan cara ini, yaitu:

  • Mengisi kotak amal di masjid usai mengerjakan sholat Subuh berjamaah. Kaum pria bisa langsung memasukkannya sendiri ke kotak amal, sedangkan kaum wanita dapat menitipkannya ke suami atau anak yang pergi ke masjid.
  • Mentransfer uang melalui rekening persis setelah subuh kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.
  • Memberi makanan dengan cara diantar ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain-lain. Ini dilakukan setelah subuh sebelum matahari tampak.
  • Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang membutuhkan, persis usai subuh.
  • Memasukkan uang sedekah ke dalam kaleng khusus setiap usai sholat Subuh. Saat hendak memasukkannya, niatkan apa hajat yang ada di hati. Sesudah memasukkan uang, dianjurkan untuk berdoa.

Berikut keutamaan dan manfaat bersedekah di waktu subuh :

1. Dua malaikat datang mendoakan

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa. ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersedekah di waktu Subuh memiliki keutamaan salah satunya ada dua malaikat yang mendoakan amalan, maka malaikat akan mendoakan agar rezekinya semakin lancar dan berkah.

2. Menghapuskan dosa

Melakukan sedekah subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melaksanakannya. Seperti dalam hadis Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Trimidzi)

3. Harta yang berkah

Bersedekah di waktu subuh akan membuat harta semakin berkah, dalam artian harta yang disedekahkan akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT. Saat bersedekah, umat muslim juga perlu melakukannya secara ikhlas dan tulus agar amalannya diterima dengan baik.


(ACF)
TAGs:
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus