Mustajabnya Doa Ketika Sujud

Octri Amelia Suryani - Sujud Al-Quran Nabi Muhammad Saw Doa Sehari-hari 06/09/2021
Gambar oleh Sharon Ang dari Pixabay
Gambar oleh Sharon Ang dari Pixabay

Oase.id - Sujud merupakan salah satu gerakan pada salat yang termasuk dalam rukun salat. Jika dalam salat lupa melakukan sujud, maka salat seseorang menjadi tidak sah. Selain merupakan gerakan dalam salat, sujud juga memiliki banyak makna. Karena sujud dalam salat adalah gerakan yang akan membawa manusia dekat dengan penciptanya.

Posisi sujud menunjukkan kerendahan seorang hamba, yang menggambarkan kepasrahan dan berserah diri pada Allah SWT. Serta saat sujud juga diyakini oleh umat muslim sebagai  posisi yang tepat untuk berdoa pada Allah SWT.

Rasulullah ﷺ menyebutkan dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi:

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Artinya: “Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Tuhan adalah ketika sedang sujud, maka dari itu, perbanyaklah doa.”

Berdasarkan hadis di atas, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa ketika sujud. Karena itu merupakan posisi seorang hamba akan lebih dekat dengan Rabbnya.

Posisi sujud yang mana seorang hamba meletakkan kepalanya, organ yang paling dimuliakan, di atas tanah. Inilah momen terdekat dan paling berkualitas antara hamba dan Rabbnya. Oleh karenanya, Nabi ﷺ menganjurkan untuk tidak menyia-nyiakan momen tersebut, karena peluang terkabulnya doa lebih besar.

Hadis lain ikut memperjelas tentang anjuran Rasulullah ﷺ untuk memperbanyak doa ketika sujud juga terdapat dalam hadis riwayat Muslim, Nasa'i dan Abu Dawud. Berikut bacaan hadis tersebut:

أَلَا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Qur’an ketika ruku’ dan sujud, adapun ketika ruku’, agungkan kamulah Rabb dan adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan.”

Setelah mengetahui hadis-hadis tersebut di atas, maka marilah nikmati sujud dari setiap salatmu dengan memanjatkan banyak doa kepada Allah.


(ACF)