Ronaldo Menari Ardah, Promosikan Budaya Arab ke Dunia

N Zaid - Tradisi dan Budaya 30/08/2023
Ronaldo. Foto: SPA
Ronaldo. Foto: SPA

Oase.id - Cristiano Ronaldo semakin disayangi oleh para penggemarnya di Arab Saudi pada hari Selasa ketika ia merayakan golnya dengan menampilkan Ardah, salah satu tarian tradisional Kerajaan yang paling dikenal.

Kapten Al-Nassr itu memang sedang menjalani malam yang bagus. Ia mencetak dua gol, meski ada satu gol yang dianulir.

Ketika ia mencetak gol kedua bagi tim, pemain internasional Portugal itu menoleh ke arah pendukung tuan rumah dan dengan tangan terangkat tinggi, menampilkan Ardah versinya.

Tarian ini merupakan salah satu tradisi pertunjukan terpenting Arab Saudi, dan pada tahun 2015 ditambahkan ke Daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Hal ini dilakukan pada acara-acara khusus termasuk kunjungan resmi para pemimpin dunia, hari libur nasional, dan festival budaya.

“Sejak hari pertamanya di Arab Saudi, pernyataan Cristiano berisi cinta, rasa hormat dan penghargaan untuk Arab Saudi dan proyek besar yang kami kejar, dan hari ini dia merayakannya bersama Ardah,” kata salah satu pengguna di media sosial.

Yang lain menulis: “Pemain terbaik di dunia tidak hanya mencetak gol, dia juga mengekspor budaya Saudi ke dunia.”

Dalam Ardah, pertunjukan diawali dengan nyanyian yang dulunya digunakan untuk membangkitkan semangat prajurit menghadapi musuh.

Dan dengan semangat tersebut, superstar global ini ingin memimpin timnya meraih kemenangan setelah awal musim yang buruk, kalah dari Al-Ettifaq yang dipimpin Steven Gerrard, dan Al-Taawoun.

Dan itulah yang dia lakukan. Dua penalti Ronaldo mengangkat Nassr meraih kemenangan 4-0 atas Al-Shabbab di Taman Al-Awwal di ibu kota Saudi.

Al-Shabab tidak diragukan lagi merupakan tantangan terberat Al-Nassr di musim baru, namun tim tuan rumah tampak nyaman sepanjang pertandingan.

Ronaldo pun tanpa pamrih menyingkir untuk memberi kesempatan kepada Abdulrahman Ghareeb melakukan tendangan penalti pada menit ke-63 meski bintang Portugal itu nyaris mengamankan hattrick. Tendangan Ghareeb berhasil diselamatkan dengan baik dan tembakan lanjutannya dianulir.

Sundulan Ronaldo berhasil masuk ke gawang Shabab pada menit ke-18, namun dianulir setelah VAR dengan tegas memutuskan bahwa ia telah mendorong Fawaz Al-Sagourq sebelum melakukan tendangan.

Meskipun awal musim mereka buruk, Nassr masih menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Liga Pro Saudi, dan kemenangan penting dalam derby Riyadh membawa mereka kembali ke jalur yang benar.

Salah satu talenta sepak bola paling berprestasi di dunia, Ronaldo telah menetap di rumah barunya dengan tujuan untuk menambah prestasinya.

Dia terlihat jalan-jalan bersama keluarganya menikmati tempat-tempat wisata dan kehidupan malam di kota barunya. Dia bahkan terlihat mengenakan pakaian tradisional Saudi di depan umum.

“Pengalaman terindah yang pernah saya alami di sini adalah ketika saya pergi ke Boulevard World, dan itu adalah sesuatu yang sangat saya nikmati,” ujarnya dalam wawancara SPL. “Saya membawa seluruh keluarga saya ke sana.”

Warga Saudi juga telah menyukai Ronaldo

Orang-orang yang bersuka ria di Taif menggabungkan selebrasi gol “Siuu” Ronaldo yang terkenal dengan tarian tradisional yang dikenal sebagai “majroor”, sehingga video yang dihasilkan menjadi viral di media sosial.

Salah satu nama besar pertama yang pindah ke SPL, Ronaldo telah bergabung dalam kejuaraan tersebut dengan sejumlah talenta top dari liga Eropa termasuk Karim Benzema, Neymar, Sadio Mane dan Riyadh Mahrez.

Pada bulan Juni, Dana Investasi Publik, dana kekayaan negara, mengambil 75 persen kepemilikan saham di empat klub: Al-Hilal, Al-Nassr, Al-Ittihad dan Al-Ahli.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi Kerajaan untuk menjadikan SPL salah satu yang terbaik di dunia.

Ronaldo yakin itu adalah target yang bisa dicapai, dengan upaya yang tepat dari liga.

“Menurut saya, jika mereka terus melakukan pekerjaan yang ingin mereka lakukan selama lima tahun ke depan, saya pikir Liga Saudi bisa menjadi (liga teratas) kelima di dunia,” ujarnya kepada SPL.

Ronaldo mengatakan perkenalan Nassr adalah salah satu “momen terbaiknya dalam sepak bola,” dan mengatakan dia senang berada di Arab Saudi.

“Saya akan menjadi bagian dari budaya Anda. Aku akan berada di sini."(arabnews)


(ACF)