5 Nasihat Rasul untuk Para Suami

Siti Mahmudah - Nabi Muhammad Saw Pernikahan 09/09/2022
Ilustrasi pernikahan (Photo by Agung Raharja on Unsplash)
Ilustrasi pernikahan (Photo by Agung Raharja on Unsplash)

Oase.idRasulullah ﷺ adalah panutan bagi seluruh umat muslim dalam berbagai hal. Tak terkecuali dalam kehidupan rumah tangga. Sebagai seorang suami, Rasul memberikan banyak hal yang wajib kita tiru.

Rasul ﷺ menjadi role model bagi pria atau suami ideal menurut pandangan kaum hawa. Bahkan, menjadi tempat berkeluh kesah. Pada suatu waktu, Umar bin Khattab mengadukan perbuatan perempuan kepada Rasul ﷺ yang kian harinya semakin berani kepada para suami.

Diriwayatkan Imam Abu Daud, bahwa Rasul ﷺ lantas bersabda,

“Sungguh telah banyak wanita yang mendatangi keluarga Muhammad ﷺ untuk mengadukan suaminya. Mereka itu (para suami) bukanlah orang-orang yang terbaik di antara kalian semua.”

Lantas, bagaimana Rasul ﷺ memperlakukan istri-istrinya?

Salah satu bukti rasa cinta dan hormatnya Rasulullah ﷺ kepada istrinya, Khadijah RA., adalah apabila Rasulullah ﷺ menyembelih domba, beliau selalu menghadiahkan kepada kerabat-kerabat Khadijah. Hal ini beliau lakukan sejah Khadijah wafat.

Rasul ﷺ berpesan kepada para suami untuk memperlakukan kaum perempuan dengan sebaik-baiknya. 

Berikut Oase.id meringkas 5 nasihat Rasul ﷺ kepada para suami agar dapat diteladani, yakni:

1. Memperlakukan istri dengan baik

Dituturkan oleh Ibnu Asakir, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, bahwa Rasul ﷺ bersabda, “Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya. Aku adalah orang paling baik di antara kalian terhadap keluargaku. Tidak ada orang yang memuliakan perempuan kecuali orang yang mulia. Tidak ada pula orang yang merendahkan perempuan kecuali orang yang hina.”

2. Memperlakukan istri seperti sahabat

Rasul ﷺ bersabda, “Ketahuilah, perlakukanlah kaum perempuan  dengan baik. Sesungguhnya mereka adalah sahabat karib penolong kalian.” (HR. at-Tirmidzi)

3. Tidak memukul istri

Suatu ketika, dalam riwayat Bukhari, Rasul ﷺ berkata, “Kenapa ada orang yang memukul istrinya seperti memukul unta, kemudian ia memeluknya?”

Lalu, Rasul ﷺ bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya. Dan orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik terhadap istrinya.(HR. at-Tirmidzi)

4. Memperlakukan lembut keluarga

Dalam sebuah riwayat dituturkan, “Sesungguhnya orang yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya dan yang paling lembut terhadap keluarganya.” (HR. at-Tirmidzi)

5. Memberi nafkah keluarga

Rasul ﷺ bersabda, “Sesungguhnya perkara yang paling besar pahalanya adalah memberi nafkah untuk keluarga.” (HR. Muslim)

Demikian beberapa nasihat Rasul ﷺ yang patut diteladani kepada para suami. Hal tersebutnya tentunya tidak sebelah pihak diperuntukkan kepada para suami saja, melainkan para istri pun harus memberikan kesalingan sama seperti yang dinasihatkan oleh Rasul ﷺ dan penting pula untuk saling berkontribusi atau berperan demi menciptakan hubungan kesalingan (mubadalah), keluarga yang sejahtera, damai dan bahagia bersama.


(ACF)