Bacaan Doa Qunut Witir Saat Tarawih Beserta Faedahnya

Octri Amelia Suryani - Doa Qunut Ramadhan Salat Tarawih 30/04/2022
Al Quran (Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay)
Al Quran (Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay)

Oase.id - Doa qunut biasanya dilaksanakan saat salat subuh. Tetapi dalam bulan Ramadhan, doa qunut juga digunakan pada witir saat salat tarawih. Bacaan doa qunut ini sunnah dilakukan pada hari ke-15 atau pertengahan bulan Ramadhan.

Hal ini berdasarkan pendapat ulama Mazhab Syafi'i. Imam As-Syafi’i berkata terkait qunut witir: "Jangan qunut (witir) kecuali pada seperdua bulan Ramadhan, yang demikian karena perilaku Ibnu Umar".

Dari sinilah akhirnya madzhab Syafi’i memutuskan bahwa bacaan qunut witir hanya pada 15 malam terakhir dari bulan Ramadhan. 

Dalilnya adalah atsar para sahabat di masa Umar bin Kahttab ra:

Dari Al-Hasan Al-Bashri, bahwa Umar bin Khattab ra mengumpulkan masyarakat untuk salat pada malam Bulan Ramadhan dengan diimami oleh Ubai bin Ka’ab, Umar berkata kepada Ubai:

"Salatlah bersama mereka 20 rakaat, dan jangan kamu qunut bersama mereka kecuali pada seperdua Ramadhan terakhir, lalu Ubai bin Ka’ab salat bersama mereka pada sepuluh Ramadhan pertama dan kedua, pada sepuluh terakhir Ubai tidak keluar rumah, sehingga masyarakat pada waktu itu meminta Mu’adz bin Jabal, akhirnya Mu’adz yang menjadi imam dan Muadz tetap qunut pada sepuluh terakhir".

Doa Qunut tersebut dibaca setelah rukuk, sama halnya dengan salat subuh. Lafadznya pun juga sama.

Bacaan doa qunut witir saat tarawih di pertengahan bulan Ramadhan:

اَلَّلهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ,وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنّا فِيْمَنْ تَوَلَّيَتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَايَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ. 

"Allahummahdina fii man hadait, wa‘aafiinaa fii man ‘aafait, wa tawallana fii man tawallait, wa baariklana fii maa a‘thait, wa qinaa syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo ‘alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya: Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha Luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."

Ada rahasia yang terdapat dalam doa qunut pada tiap kalimat-kalimatnya. Bacaan doa qunut mencakup kebaikan dunia dan akhirat serta permohonan dengan merendah dan tunduk. Permohonan tersebut untuk mendatangkan manfaat dan menolak mudarat di dunia maupun di akhirat.

Faedah membaca doa qunut:

1. Doa untuk mendapatkan permohonan hidayah

Dalam hal ini digunakan permohonan mendapatkan manfaat dalam agama. Selain itu juga menjadi fondasi bangunan kesahihan amal, diterimanya amal yang menjadi tujuan yang dicari oleh seorang hamba.

2. Doa untuk mendapatkan kesehatan

Nabi banyak berdoa untuk kesehatannya dengan doa qunut. Hal ini dilakukan setelah memohon petunjuk. Nabi meminta kesehatan dan kebahagian dunia akhirat.

3. Doa memberi pertolongan

Doa qunut dipercaya dapat menolak apa yang ditakutkan dan menghasilkan apa yang diharapkan oleh seorang umat. Hamba yang ditolong Allah pasti dicukupkan, diberi apa yang diharapkan, dan dilindungi dari apa yang ditakuti.

4. Doa agar nikmat dicukupkan

Doa qunut dipercaya untuk memperlancar rezeki. Allah memberikan nikmat kepada hambanya yang taat secara terus menerus dan tetap.

5. Doa perlindungan dari marabahaya

Doa qunut dipercaya untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Doa ini digunakan untuk memohon keselamatan dunia akhirat. Orang yang dilindungi Allah tidak akan terhina di mata Allah.


(ACF)