Bulan Tepat di Atas Kakbah Akan Terjadi Malam Ini, Kejadian Langka Satu Tahun Sekali

N Zaid - Makkah 04/03/2023
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Bulan akan berada di atas Kakbah malam ini; jika Anda cukup beruntung berada di sana malam ini, Anda akan melihat Mood tepat di atas Makkah.

Umat Muslim yang melaksanakan Sholat di Masjid Al Hara di Makkah, Arab Saudi, akan cukup beruntung untuk melihat bulan di atas Ka'bah.

Peristiwa langit yang langka akan terjadi malam ini saat bulan terbit di atas Mekkah. Setahun sekali, fenomena bulan "Tisamut" akan berbaris dengan Kakbah, tempat suci yang dihormati di pusat kota suci.

Bulan "Tisamut" akan sejajar dengan Kakbah hanya sekali ini tahun ini selama penyelarasan. Acara yang diperkirakan akan berlangsung malam ini, sangat dinantikan oleh para astronom dan astronom amatir.

Orang-orang di seluruh dunia tertarik dengan acara tersebut; banyak yang pergi ke Mekkah untuk melihat kejadian luar biasa itu. Streaming langsung online dari acara tersebut akan dapat diakses bagi mereka yang tidak dapat melakukan perjalanan.

Bulan "Tisamut", juga disebut "bulan sabit kuning", menerima nama ini karena rona kekuningannya yang dapat dikenali. Dalam banyak budaya, itu mewakili kesucian dan spiritualitas dan sering dikaitkan dengan bulan suci Ramadhan.

Penyelarasan ini berfungsi sebagai pengingat akan makna dan posisi spiritual Ka'bah yang mendalam dalam agama Islam. Itu juga merupakan bukti kekuatan alam dan kemegahan kosmos.

Keajaiban ini terjadi setahun sekali… Muslim di Masjidil Haram akan dapat melihat bulan tepat di atas mereka hari ini di malam hari.

Fenomena langit langka tersebut akan terjadi pada pukul 10:43 malam waktu setempat ketika masyarakat Mekkah akan dapat melihat dengan mata telanjang bulan purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram.

Majid Abu Zahira, kepala Perhimpunan Astronom Saudi, mengatakan bahwa bulan akan berada tepat di atas Ka'bah Sharif pada Sabtu malam untuk pertama kalinya di tahun 2023, dan pemandangan menakjubkan ini dapat dilihat pada pukul 22:43 saat bulan berada pada 89,5 derajat dan cakram bulan akan sepenuhnya diterangi pada 93 persen.

 Abu Zahira mengatakan bahwa orang-orang dari negara lain, termasuk negara Arab, akan dapat menentukan arah kiblat jika bulan berada di atas Ka'bah Syarif.  (theislamicinformation, 24news)


(ACF)
TAGs: Makkah