Skuter dan Kursi Roda Disewakan untuk Tawaf dan Sai

N Zaid - Haji 2023 01/06/2023
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Oase.id - Ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik yang prima. Sebagian orang yang memiliki keterbatasan, entah karena usia, atau memiliki disabilitas tentu membutuhkan sarana yang dapat membantu mereka menunaikan setiap tahapan ibadah haji.

Tahapan yang juga penting dalam haji adalah tawaf dan sai. Tawaf dilakukan dengan mengitari Kabah sebanyak tujuh kali. Sementara Sai, berjalan dari Shafa ke Marwah, bolak balik hingga tujuh kali. Jarak tempuh dari Shafa ke Marwah dihitung satu kali perjalanan.

Bagi yang sehat, tentu tahapan ini tidak sulit dilakukan, namun yang sedang memiliki keterbatasan, tawaf dan sai ini akan terasa berat. 

Bersyukur ternyata, ada alat 'transportasi' di Makkah untuk membantu menjalankan tawaf dan sai.  Ada layanan sewa skuter dan kursi roda di Masjidil Haram untuk Tawaf dan atau Sai. Jemaah yang membutuhkan, bisa memanfaatkan layanan ini

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H, Subhan Cholid, di Makkah, Kamis mengatakan layanan sewa skuter sepenuhnya dikelola Masjidil Haram. Pengelola Masjidil Haram telah menyediakan jalur khusus bagi jemaah yang akan Tawaf dan Sai menggunakan skuter.

Sementara untuk kursi roda, Subhan mengimbau jemaah menggunakan jasa sewa yang resmi. Area Sai dengan kursi roda ada di setiap lantai. Pengelola Masjidil Haram juga telah menyiapkan jalur khusus untuk pengguna kursi roda (jalur tengah).

"Petugas resmi ada di dalam Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam khusus," sebut Subhan, dikutip dari laman Kemenag, Kamis (1/6).

Berapa tarif sewa untuk satu orang? Berikut ini daftar harganya berdasarkan hasil penelusuran di Masjidil Haram pada 31 Mei 2023:

A. Tarif Kursi Roda

1. Paket Tawaf dan Sai: SR200/orang
2. Tawaf saja: SR100/orang
3. Sa'i saja: SR100/orang

B. Tarif Skuter 1 Orang

1. Paket Tawaf dan Sai: SR115/orang
2. Tawaf saja: SR57,5/orang
3. Sa'i saja: SR57,5/orang

C. Tarif Skuter 2 Orang
1. Paket Tawaf dan Sai: SR230
2. Tawaf saja: SR115
3. Sai saja: SR115

Keterangan: SR (Saudi Riyal)

"Tarif tersebut berlaku untuk di area Tawaf dan Sai saja, tidak termasuk layanan dari hotel ke terminal dan terminal ke Masjidil Haram," tegas Subhan.


(ACF)
TAGs: Haji 2023