Indonesian Hajj Expo 2023: Dari Bumbu Semur Sampai Ikan Beku

N Zaid - Haji Umrah 02/02/2023
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Oase.id - Aneka macam bumbu pasta, mulai dari bumbu semur, bumbu kuning, bumbu Lombok ijo, bumbu gulai, bumbu pindang, bumbu asam manis, bumbu balado, bumbu rica, dan bumbu tongseng, terhampar di Indonesian Hajj Expo 2023 di Jeddah, Arab Saudi. 

Dalam event yang digelar 1-2 Februari 2023 di Balai Nusantara Jeddah itu, berbagai produk Indonesia dihadirkan. Selain berbagai macam bumbu itu, produk lain juga dipamerkan. Seperti kopi, teh, kecap saos sambal, pudding, jamur kemasan kaleng, beragam produk mie, santan bubuk, tepung krispi, gula merah, kemiri, margarin, beras, bubur kacang hijau atau ketan hitam, sambel terasi, ikan tuna kaleng, dan aneka kebutuhan ikan beku. 

“Kami dua hari ini menggelar Indonesian Hajj Expo 2023. Di sini, kami pertemukan para pelaku usaha Arab Saudi dan pelaku usaha Indonesia. Salah satu tujuannya, agar produk-produk Indonesia semakin banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief di Jeddah, Kamis (2/2/2023).

Acara yang dihelat Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) ini diikuti para pelaku usaha yang terdiri para calon penyedia layanan katering jemaah haji Indonesia, para importir dan pemasok produk-produk Indonesia, serta pengusaha UKM Indonesia.

Penyelenggaraan ibadah haji dan umrah menurut Hilman bukan hanya persoalan ibadah. Penyelenggaraan haji dan umrah juga mengandung unsur perniagaan. “Jika ini dapat dikelola  dan dikembangkan dengan baik, tentu akan memberikan manfaat secara ekonomi bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk masyarakat Indonesia,” paparnya.

Ke depan, lanjut Hilman, Arab Saudi sebagai negara tempat pelaksanaan ibadah haji dan umrah dan  Indonesia sebagai pengirim jemaah terbanyak sedunia, perlu terus meningkatkan kerja sama jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. “Sinergi ini perlu terus dimaksimalkan untuk saling memberikan manfaat ekonomi bagi kedua negara,” tandasnya.(kemenag)


(ACF)
TAGs: Haji Umrah