Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Id di Masjid, Berikut Keutamaan Salat Berjamaah

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 07/04/2021
Photo by Chattrapal (Shitij) Singh from Pexels
Photo by Chattrapal (Shitij) Singh from Pexels

Oase.id – Baru-baru ini pemerintah mengeluarkan izin bagi masyarakat untuk melakukan salat Tarawih dan salat Id (Idulfitri) secara berjamaah di masjid atau musala. Namun, dalam pelaksanaannya harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) demi menekan angka penyebaran virus covid-19.

Dalam konferensi pers secara virtual, Menteri Koordinator bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, pada dasarnya diperkenankan atau diperbolehkan masyarakat untuk melakukan salat berjamaah.

Muhadjir meminta pelaksanaan ibadah tarawih atau id digelar secara sederhana. Ia mengimbau jamaah agar jangan terlalu lama berada di tempat yang berpotensi jadi klaster penyebaran virus korona.

"(Diusahakan) waktunya (salat) tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi darurat," tuturnya, Senin, 5 April 2021.

Muhadjir menekankan prokes harus diterapkan dengan baik dan displin. Terutama, untuk mengatur agar tidak ada kerumunan jamaah saat menuju tempat ibadah.

 

Keutamaan Salat Berjamaah

Melakukan salat secara berjamaah adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam islam. Selain menjalin tali silaturahmi, salat berjamaah juga akan melipatgandakan pahala ibadah.

Hal ini tertuang dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke sembilan imam As-Suyuthi (w. 911) tentang keutamaan salat berjamaah:

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أوْصَانِيْ حَبِيْبِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لِيْ: “يَا أبَا هُرَيْرَةَ صَلِّ الصَّلاَةَ مَعَ الْجَمَاعَةِ وَلَوْ كُنْتَ جَالِسًا، فَإنَّ اللهَ تَعَالَى يُعْطِيْكَ بِكُلِّ صَلَاةٍ مَعَ الْجَمَاعَةِ ثَوَابَ خَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ صَلَاةً فِيْ غَيْرِ الْجَمَاعَةِ

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, “Kekasihku Rasulullah ﷺ telah memberikan pesan kepadaku, lalu beliau bersabda kepadaku, “Wahai Abu Hurairah, salatlah bersama jamaah meskipun dengan duduk, karena sungguh Allah ta’’la akan memberikanmu di setiap salat jamaah dua puluh lima pahala salat dengan tanpa berjamaah.”

 

قال النبي صلى الله عليه وسلم: فَضْلُ صَلاَةِ الجَمَاعَةِ عَلَى صَلَاةِ الرَّجُلِ وَحْدَهُ خَمْسٌ وَعِشْرُوْنَ دَرَجَةً وَفَضْلُ صَلَاةِ التَّطَوُّعِ فِى الْبَيْتِ عَلَى فِعْلِهَا فِى الْمَسْجِدِ كَفَضْلِ صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ عَلَى صَلَاةِ الْمُنْفَردِ

"Keutamaan salat berjamaah atas salatnya seseorang yang sendirian adalah dua puluh lima derajat, sedangkan keutamaan salat sunah di rumah atas salat yang dilakukan di masjid adalah seperti keutamaan salat berjamaah atas salat sendirian." Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu As-Sakan dari Dhamrah dari ayahnya.

 

وقال صلى الله عليه وسلم صَلاَةُ الرَّجُلِ فِيْ جَمَاعَةٍ تَزِيْدُ عَلَى صَلاَتِهِ وَحْدَهُ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً، فَإذَا صَلاَّهَا بِأَرْضٍ فُلَاةٍ فَأَتَمَّ وُضُوْءَهَا وَرُكُوْعَهَا وَسُجُوْدَهَا بَلَغَتْ صَلَاتُهُ خَمْسِيْنَ دَرَجَةً

Nabi ﷺ bersabda, “Salatnya seseorang dengan berjamaah bertambah atas salatnya dua puluh lima derajat, maka jika ia salat berjamaah di bumi yang tandus, lalu ia menyempurnakan wudhunya, ruku’nya, dan sujudnya, maka salatnya telah sampai lima puluh derajat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la, imam Al-Hakim, dan imam Ibnu Hibban dari Abu Sa’id Al-Khudri dengan sanad yang shahih.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus