Haji dan Umrah: Ini Doa yang Dapat Dibaca Ketika Melihat Ka'bah

Siti Mahmudah - Haji Doa Ketika Melihat Kabah Umrah 30/05/2022
Doa saat melihat Kabah (chzaib_Pixabay)
Doa saat melihat Kabah (chzaib_Pixabay)

Oase.id - Ka'bah merupakan tempat yang paling disucikan dalam agama Islam. Bangunan berbentuk kotak ini adalah "Rumah Allah" dan menjadi kiblat pagi kaum muslim ketika menjalankan ibadah salat.

Ka'bah merupakan tempat yang wajib didatangi ketika seorang muslim melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Dalam ibadah haji, ada ritual tawaf, yakni berputar mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

Menukil dari kitab Al-Idhah fi Manasikil Haji karya Imam Nawawi Al-Bantani, seluruh umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika melihat Ka'bah.

Berikut, doa yang dapat dibaca ketika melihat Ka’bah saat melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Doa Ketika Melihat Ka'bah

“Allaahumma zid haadzal bayta tasyriifan wa ta’dziiman wa takriiman wa mahaabatan, wa zid man syarrafahuu wa karramahuu min man hajjahuu aw i’tamarahuu tasriifan wa takriiman wa ta’dziiman wa birran.”

Artinya: “Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada Baitullah ini. Tambahkan juga kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan untuk orang-orang berhaji atau berumrah yang memuliakan dan menghormati Ka’bah.”

Imam Nawawi sangat menganjurkan untuk membaca doa ini ketika melihat Ka’bah. 

Selain doa di atas, terdapat doa lain yang dianjurkan, yakni:

“Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, fa hayyinaa rabbanaa bis salaam.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah keselamatan. Dari-Mu keselamatan berasal. Wahai Tuhan kami, berikan kehormatan pada kami melalui keselamatan.”

Membaca doa melihat Ka’bah tidak hanya terpaku pada doa di atas. Imam Nawawi menganjurkan untuk berdoa apa saja yang berkaitan dengan kepentingan dunia dan akhirat karena pintu langit terbuka untuk orang-orang yang melihat Ka’bah.

Sumber: Disarikan dari keterangan syarh kitab Al-Idhah fi Manasikil Haji karya Syekh Imam Nawawi Al-Bantani
 


(ACF)