Teknologi baru di Laboratorium Pusat Dubai Mudah Mendeteksi Produk Sampingan Babi

N Zaid - Produk Halal 04/02/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Produk sampingan daging babi dalam produk daging olahan kini dapat dengan mudah dideteksi di Dubai, berkat teknologi baru di Laboratorium Pusat Dubai, yang berafiliasi dengan Kota Dubai.

Laboratorium tersebut telah mengembangkan sistem pemeriksaan dan penyaringan inovatif yang dapat mendeteksi produk sampingan daging babi dengan menggunakan DNA konsentrasi tinggi yang diekstraksi dari produk makanan.

Insinyur Hind Mahmoud Ahmed, Penjabat Direktur Departemen Laboratorium Pusat Dubai, mengatakan mekanisme penyaringan baru telah dikembangkan sejalan dengan sifat produk dan bahan makanan yang tersedia di pasar lokal.

Dia berkata: “Sistem baru ini diciptakan di laboratorium mikrobiologi, dan membuat semua produk yang diperdagangkan menjadi lebih dapat dipercaya dengan mendeteksi residu produk sampingan babi dengan efisiensi sekitar 100 kali lebih tinggi dibandingkan prosedur pemeriksaan konvensional. Pencapaian ini sejalan dengan berbagai keberhasilan laboratorium dalam meningkatkan operasi dan memenuhi tujuan, yang mencakup pengembangan dan integrasi standar yang diterima secara global untuk pengujian laboratorium dan sertifikat kalibrasi.”

Selain itu, ia menyoroti penggunaan perangkat canggih yang dilengkapi sistem otomatis dan protokol aman, yang memfasilitasi pelacakan sampel komprehensif mulai dari awal pengujian hingga publikasi hasil. Pembacaan otomatis berdasarkan fluoresensi menjadikannya salah satu metode paling canggih dan mutakhir di dunia untuk mendeteksi mikroorganisme dalam sampel makanan.

Hind mengatakan teknologi ini memastikan hasil yang cepat dan akurat, memberikan hasil dalam satu hari dan mengakomodasi hingga 100 tes per jam. Kemampuan teknologi untuk dengan cepat mengidentifikasi berbagai bakteri, ragi, dan jamur yang terkait dengan kualitas produk makanan dan kontaminan mikroba memainkan peran penting dalam meningkatkan fleksibilitas, produktivitas, serta proses dan mekanisme penyaringan.

Tes terintegrasi

Pelanggan dapat memanfaatkan layanan laboratorium analisis mikrobiologi yang ditawarkan oleh Dubai Central Laboratory, yang meliputi pemeriksaan kualitas dan keamanan produk pangan, suplemen nutrisi, bahan kontak pangan (FCM), dan estimasi tanggal kedaluwarsa produk pangan.

Mereka juga dapat memperoleh manfaat dari pengujian sampel lingkungan termasuk sampel air minum dalam kemasan dan non-botol untuk menjamin bahwa air tersebut tidak mengandung bakteri penyebab penyakit, dan pengujian sampel air tanah, air irigasi, laut, danau, kanal, pantai, air kolam renang, hotel, dan air klinik gigi, sedimen dan tanah, cadangan alam, serta limbah berbahaya dan pupuk.

Pelanggan bisa mendapatkan laporan pengujian uji keamanan laboratorium mikrobiologi dari berbagai sampel bahan habis pakai dan barang - termasuk kosmetik, deterjen, mainan anak-anak, tekstil, dll.


(ACF)
TAGs: Produk Halal