Thailand Gencar Lakukan Penelitian Demi Tembus Pasar Industri Halal Global

N Zaid - Produk Halal 03/03/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Selama dua dekade terakhir, Dr. Winai Dahlan telah memimpin pengembangan inisiatif penelitian halal di Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Buddha untuk memastikan standar keamanan pangan sesuai dengan hukum Islam.

Awal mula ilmu halal di negara ini dimulai sebagai jawaban atas meningkatnya seruan umat Muslim Thailand untuk melakukan pengujian ilmiah dalam pengembangan makanan halal pada akhir tahun 1990an setelah penemuan produk sosis sapi untuk konsumen Muslim yang tercemar dengan daging babi menyebabkan kegemparan.

Tuntutan konsumen Muslim di negara tersebut, yang mencakup sekitar 5 persen dari 66 juta penduduk Thailand, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan standar halal, mendorong didirikannya pusat penelitian halal di Universitas Chulalongkorn di Bangkok.

“Ketika para pembuat kebijakan di Thailand menyadari pentingnya ilmu pengetahuan… Universitas Chulalongkorn (dan) saya sendiri pada saat itu… mendirikan laboratorium kecil di Fakultas Ilmu Kesehatan Terpadu,” Dahlan, yang merupakan direktur pusat tersebut, mengatakan kepada Arab News.

Laboratorium kecil tersebut akhirnya menjadi fasilitas berskala penuh, dan pemerintah memberikan anggaran kepada universitas negeri untuk melakukan hal tersebut menyusul kontroversi terkait produk makanan halal di wilayah tersebut.

“Pada tahun 2003 itu, Thailand akhirnya memiliki laboratorium halal pertama.”

Pusat tersebut, yang beroperasi di bawah Universitas Chulalongkorn di Bangkok, adalah satu-satunya di Thailand dan dijuluki sebagai institusi sains halal pertama di dunia.

Mereka mengembangkan standarisasi yang dikenal sebagai HAL-Q, atau Sistem Jaminan Halal, Kewajiban-Kualitas, yang telah diadopsi untuk mengintegrasikan standar halal ke dalam keamanan pangan dan digunakan oleh lebih dari 770 pabrik yang mempekerjakan lebih dari 200.000 orang di seluruh kerajaan.

Tim Dahlan telah mengerjakan sistem Kontrol Logistik ICT yang sesuai syariah, atau SILK, sebuah sistem teknologi informasi yang dikembangkan untuk rantai pasokan halal, logistik, dan manajemen ketertelusuran yang juga kompatibel dengan HAL-Q.

Mereka juga mengembangkan aplikasi Halal Route yang akan segera diluncurkan dalam bahasa Arab dan berfungsi sebagai direktori dan platform ulasan bagi wisatawan Muslim untuk dengan mudah menemukan masjid dan restoran halal saat mengunjungi Thailand.

Peran utama Halal Science Centre di bidang ini juga memberikan peluang ekonomi bagi Thailand, pada saat pemerintah berupaya meningkatkan ekspor halal negara tersebut.

“Thailand mempunyai potensi besar untuk menjadi pusat halal regional karena banyaknya bahan baku untuk memproduksi makanan halal sebagai respons terhadap permintaan banyak negara di seluruh dunia,” kata departemen hubungan masyarakat pemerintah Thailand dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 27 Februari.

“Thailand juga memiliki peluang besar untuk meningkatkan ekspor halalnya ke negara-negara Muslim dan non-Muslim.”

Ekspor produk makanan halal Thailand mencapai sekitar 217 miliar baht ($6 miliar) dalam 11 bulan pertama tahun 2023, tumbuh 2,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan lebih dari 15.000 produsen makanan halal di negara tersebut, menurut data resmi .

Banyak negara, termasuk Vietnam dan Filipina, telah menyiapkan strategi untuk memanfaatkan pasar halal global yang berkembang pesat, yang diperkirakan bernilai lebih dari $7 triliun.

Namun di Thailand, masih ada kebutuhan untuk mendidik sektor swasta mengenai hal-hal terkait halal, kata Dahlan.

“Saya pikir (ini) sangat penting untuk meningkatkan total ekspor ke negara-negara Muslim… Kami masih memiliki ruang untuk memperluas produk kami ke Timur Tengah.”

Dahlan semakin optimis dengan perkembangan terkini hubungan Saudi-Thailand yang resmi pulih pada tahun 2022.

“Setelah itu seperti (bendungan jebol, air keluar (keluar), turis Saudi ke Thailand banjir besar… Harapan kita tinggi sekali untuk hubungan ini, dan juga untuk ekspor,” kata Dahlan.

Sejak itu, pusat tersebut telah mengikuti Thailand Mega Fair 2023 di Riyadh, di mana Dahlan memberikan ceramah tentang pengembangan ilmu halal bangsa. Dia mengatakan pusat tersebut juga sedang melakukan pembicaraan dengan Otoritas Makanan dan Obat Saudi mengenai pendirian laboratorium sains halal di Arab Saudi.

“Dari pihak Thailand, khususnya umat Islam di Thailand, mereka sangat bersemangat. Kami telah menunggu selama 32 tahun untuk hubungan normal antara Thailand dan Arab Saudi.”(arabnews)


(ACF)
TAGs: Produk Halal