Banding Terhadap Pelarangan Sembelih Halal dan Kosher di Belgia Ditolak

N Zaid - Produk Halal 16/02/2024
Source: thenationalnews.com
Source: thenationalnews.com

Oase.id - Sekelompok Muslim dan Yahudi kalah dalam pertarungan pengadilan di Belgia karena undang-undang hak asasi hewan yang melarang mereka menyembelih secara halal (Islam) atau kosher (hukum Yahudi).

Larangan penyembelihan ritual tanpa memingsankan hewan terlebih dahulu ditentang oleh perwakilan komunitas Muslim, Maroko, dan Turki di Belgia, serta individu Muslim dan Yahudi.

Mereka berpendapat bahwa undang-undang tersebut membuat "sulit, bahkan tidak mungkin, bagi umat Yahudi dan Muslim untuk menyembelih hewan sesuai dengan ajaran agama mereka".

Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menerima kedua undang-undang tersebut, yang disahkan secara terpisah di wilayah Belgia yang berbahasa Belanda dan Prancis, yang mengganggu kebebasan beragama.

Namun, hakim mengatakan gangguan tersebut “sebanding dengan tujuan yang ingin dicapai, yaitu perlindungan kesejahteraan hewan”.

Hukum Eropa memperbolehkan kebebasan beragama dibatasi atas nama “moral publik” – dan hal ini juga berlaku pada kesejahteraan hewan, demikian putusan pengadilan.

Panel yang beranggotakan tujuh hakim juga menolak klaim para pemohon dengan alasan akan sulit, bahkan tidak mungkin, mendapatkan daging sesuai dengan keyakinan agama Islam atau Yahudi.

Pemerintah mengatakan masyarakat masih bisa membeli daging pilihan mereka dari luar negeri, atau dari Brussel, yang belum mengesahkan undang-undang yang ketat.

Kelompok Muslim dan Yahudi “belum menunjukkan bahwa akses terhadap daging tersebut menjadi lebih sulit”, kata pengadilan. Klaim bahwa undang-undang tersebut diskriminatif juga gagal.

Para hakim di Pengadilan Kehakiman UE, sebuah pengadilan terpisah, sebelumnya memihak pihak berwenang Belgia dalam keputusannya pada tahun 2020.​


(ACF)
TAGs: Produk Halal