Favorit Musim Dingin Dalam Masakan Turki

N Zaid - Kuliner 17/02/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Berlibur ke Turki saat musim dingin, Anda tentu tidak akan lupa membawa pakaian yang cocok untuk membuat badan hangat. Selebihnya, yang perlu diketahui adalah apa kuliner yang cocok di musim dingin yang perlu Anda coba agar merasakan Turki sebagaimana warga lokal menjalaninya. 

Simak 10 masakan khas Turki yang menonjol di musim dingin ini:

Sup untuk jiwa!

Meskipun orang Turki menyukai sup dan akan mengonsumsi makanan khas ini sepanjang tahun dan sepanjang hari, di musim dingin, sup yang mengenyangkan seperti kaldu ayam, sup jeroan, sup miju-miju berbahan dasar tomat dan polos, serta tarhana menjadi pusat perhatian, baik untuk sarapan, sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan lengkap.

Kebanyakan sup memiliki pendampingnya sendiri seperti lemon untuk sup miju-miju dan tarhana serta bawang putih yang dipotong dadu dalam cuka untuk jeroan. Benar sekali, babat, disebut sebagai Işkembe dan Kelle Paça, sup yang terdiri dari tengkorak domba sebenarnya adalah salah satu sup paling populer di Türkiye dan disajikan disertai semangkuk acar bawang putih.

Sebagai bahan penting di musim dingin, bawang putih juga menjadi bahan utama dalam sup bawang putih Şiveydiz yang berasal dari Gaziantep, yang menjadikan bawang putih sebagai bahan utama dengan tambahan daging domba dan sayuran yang hanya disajikan sebagai pelengkap.

Banyak restoran sup yang buka 24 jam sehari dan tidak peduli seberapa kecil atau sepinya suatu area di musim dingin, restoran sup mereka akan selalu ramai, menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk melihat dan bertemu orang lain.

Makanlah sayuranmu

Masakan Turki didasarkan pada musim, sehingga variasi semur dan hidangan yang disiapkan di musim dingin bervariasi berdasarkan musimnya. Sayuran yang paling banyak tersedia di musim dingin adalah brokoli, kembang kol, kubis, daun bawang, dan bayam.

Dari jumlah tersebut, tiga yang terakhir sering diolah menjadi hidangan seperti sup sayur yang disajikan hangat dan dingin. Dimulai dengan “kapuska,” yang merupakan sup kubis, “ispanak yemeği” adalah hidangan mirip rebusan serupa yang dibuat dengan nasi dan kaldu tomat, sedangkan daun bawang juga merupakan sayuran yang menjadi pusat perhatian dalam hidangan berbahan dasar minyak zaitun. dengan nasi, tomat, dan wortel yang mendukung daun bawang sebagai peran utamanya.

Berat di Hünkar

Hünkar Beğendi adalah hidangan Ottoman yang kaya dan beraroma di mana potongan daging empuk, sering kali domba atau sapi, disajikan di atas pure terong yang kental. Dianggap sebagai hidangan dekaden dan berat, namun menjadi favorit sebagian besar orang Turki, hidangan ini cenderung lebih banyak dikonsumsi di musim dingin.

Iskender Kebab

Iskender Kebab adalah gaya menyajikan doner di mana irisan tipis daging menutupi alas pide berbentuk kotak panas yang kemudian dilumuri dengan saus tomat kental yang disiram dengan mentega dan disertai dengan sesendok yogurt. Jika kedengarannya dekaden maka Anda benar, karena memang demikian, tetapi makanan ini juga benar-benar nikmat, dan bagi banyak orang Turki dan pengunjung, makanan ini akan dipuji sebagai hidangan favorit mereka di Türkiye. Hanya saja di musim panas, rasanya bisa dibilang berat, sedangkan di musim dingin, kekayaan rasa yang memuaskan memberikan sajian kenyamanan yang disambut baik.

Güveç: Casserole Turki

Kata “Güveç” dalam bahasa Turki mengacu pada panci gerabah untuk memasak semur, dan juga rebusan itu sendiri. Di musim dingin, banyak rumah tangga dan restoran Turki memiliki “güveç” di menu mereka, dan ini mengacu pada sup yang dimasak perlahan dengan saus berbahan dasar tomat dan diberi bumbu. Bahan utamanya bisa berupa sayuran, kacang-kacangan, daging atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

Teri

Di kawasan Laut Hitam, hamsi (ikan teri) melimpah di musim dingin. Hamsi pilav, pilaf yang dibuat dengan ikan teri, adalah hidangan tradisional dan disukai di mana pun dan siapa pun yang tinggal di wilayah Laut Hitam. Mereka juga menyiapkan “hamsi tava”, yaitu ikan teri yang ditumpangkan satu sama lain dalam bentuk pai.

Muhlama: Fondue Türkiye

Wilayah Laut Hitam juga dihormati karena "muhlama", hidangan mirip fondue yang dibuat dari mentega, keju, dan tepung jagung yang merupakan salah satu hidangan kaya dan gurih yang bersinar di musim dingin.

Kacang baik untuk jantung

Orang-orang Turki menyukai kacang-kacangan dan di musim dingin, “kuru fasulye” klasik, yaitu sup kacang putih berbahan dasar tomat yang dimasak dengan lambat, benar-benar menjadi makanan pokok yang populer.

Dianggap sebagai makanan paling nyaman di Türkiye, dengan banyak orang yang mengonsumsi semangkuk kacang-kacangan disertai nasi dan bulgur serta satu sendok yogurt, ini adalah hidangan memuaskan dan mengenyangkan yang disediakan oleh restoran-restoran yang berpusat pada masakan rumahan.

Beberapa hidangan "kuru fasulye" dilengkapi dengan tambahan potongan daging, sementara yang lainnya tidak, sehingga menjadikan hidangan tersebut vegan. Jadi bagi yang tidak makan daging, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah masakan tersebut diolah dengan daging atau kaldu daging.

Labu: Manis, gurih

Labu tentu saja merupakan salah satu produk musim dingin paling populer di Türkiye dan disiapkan dalam gaya gurih dan manis. Dari sup labu hingga hidangan penutup labu, musim dingin adalah saat labu bersinar. Jangan berharap variasi manisnya menyerupai pai labu yang kita kenal. Sebaliknya, hidangan penutup labu di Türkiye sebenarnya adalah sepotong labu yang direbus dalam sirup dan disajikan dengan sesendok krim kental. Makanan penutup serupa juga dibuat dengan quince.

Chestnut dipanggang di atas api terbuka

Salah satu bagian terbaik dari musim dingin jika Anda bertanya kepada hampir semua orang Turki, adalah menikmati chestnut panggang panas di dekat api. Di musim dingin, chestnut mentah banyak tersedia karena merupakan tradisi untuk memanggangnya di atas kompor atau pemanas kayu bakar. Demikian pula, ada kedai di jalanan pada musim dingin yang khusus menyajikan chestnut panggang.


(ACF)
TAGs: Kuliner