Berbagai Keunikan Masjid Populer di Inggris

N Zaid - 03/09/2022
FotoL Halaltrip.com
FotoL Halaltrip.com

Oase.id - Komunitas Muslim di Inggris tumbuh cukup signifikan dengan generasi yang lebih baru mengikuti jalan orangtua mereka, dan pemeluk Islam baru atau mualaf. Tidak mengherankan jika jumlah masjid pesat penambahannya. Dengan 3.3 juta muslim, Inggris setidaknya memiliki 1.500 masjid.

Lantas, bagaimana sejarah masjid di Inggris? Dan yang terpenting, apa saja masjid terbaik yang bisa kamu kunjungi di Inggris? Halaltrip mengajak kita untuk menjelajahinya!

Pertama-tama, fajar masjid di Inggris kembali ke abad ke-19. Masjid pertama yang sengaja dibangun di Inggris adalah Shah Jahan.

embed

Dibangun oleh Gottlieb Wilhelm Leitner, seorang Orientalis Yahudi dan akademisi di Woking Surrey pada tahun 1889, Shah Jahan menangkap hasrat pria ini terhadap budaya Islam.

Gottlieb Wilhelm Leitner mempelajari Islam sangat berat selama tinggal di Kekaisaran Ottoman dan British India.

Arsitek Shah Jahan mereferensikan banyak sumber arsitektur Islam sebagai inspirasi, dengan gaya Mughal India abad ke-18 sebagai yang utama.

Sejak saat itu, masjid mulai bermunculan di Inggris selama beberapa dekade berikutnya. Seperti yang sudah Anda ketahui, masjid bisa menjadi tempat yang bersih dan memiliki ruang bebas untuk menampung banyak orang. Jadi, komunitas Muslim tidak serta merta membangun masjid dengan kubah dan menara di masa-masa awal.

 Masjid Fazl Southfield, juga dikenal sebagai Masjid London, adalah masjid kedua yang dibangun di Inggris pada tahun 1925.

Masjid ini cukup mempesona karena menandai masa transisi sejarah Barat. Masjid ini memadukan unsur arsitektur Islam dengan gaya Art Deco modern tahun 20-an.

Sejarah Masjid Abad Pertengahan di Inggris

embed

Sejak komunitas Muslim mulai tumbuh pada pertengahan dan akhir abad ke-20, banyak masjid telah didirikan.Sebenarnya, beberapa masjid yang paling terkenal diubah dari bangunan tua seperti kapel dan gereja.

Akhir abad ke-20 dan Sejarah Masjid Modern di Inggris

Maju cepat ke tahun 70-an, Masjid telah diintegrasikan ke dalam budaya Inggris modern dengan membangun Regent's Park, London (1977). Inggris mengadakan kompetisi internasional untuk desain masjid terbaik.

Sir Frederick Gibberd, salah satu arsitek Modernis Inggris tercanggih, memenangkan kompetisi dengan desainnya yang menarik yang menggabungkan minimalis dengan Arsitektur Muslim tradisional.

Banyak masjid mengikuti (dan masih) tradisi ini yang dimulai pada tahun 70-an. Masjid-masjid seperti Masjid Central Glassgow, dan Baitul Futuh di London memiliki penggambaran Islam modern yang tersentuh oleh budaya Inggris

6 Masjid Populer di Inggris.
Jadi, cukup tentang hal-hal sejarah, dan mari kita lihat beberapa masjid paling menarik di Inggris.

Madina Mosque in Sheffield, South Yorkshire, England

embed

Menjadi masjid pertama yang didirikan dengan sengaja di Sheffield, Masjid di Jalan Wolseley menandai tahun 2000-an dan fajar Islam di Eropa pada abad ke-21.

Dengan arsitektur khasnya yang memadukan berbagai gaya Islam menjadi satu bangunan mistik raksasa.

Masjid ini memiliki dua ruang sholat besar, 19 kamar, perpustakaan, dan pusat kegiatan. Masjid dapat menampung hingga 2.300 jemaah.

Masjid Green Lane & Pusat Komunitas di Birmingham, Inggris

embed

Masjid Green Lane adalah salah satu masjid paling terkemuka di Inggris yang menunjukkan bagaimana Islam telah menjadi bagian dari identitas Inggris.

Diubah dari perpustakaan umum pada tahun 70-an, Green Lane adalah landmark budaya Muslim di Inggris.

Masjid sebagai arsitektur lebih gothic daripada Islam, yang memberikan mistisisme unik yang hanya dapat ditemukan di Inggris.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah melakukan Ramadhan ketika masjid mengadakan Buka Puasa Umum untuk masyarakat.

Glasgow Central Mosque in Glasgow, Scotland

embed

Menjadi masjid pertama yang sengaja dibangun di Skotlandia, Masjid Pusat Glasgow memiliki tempat khusus dalam daftar ini.

Tertutup dengan taman surgawi, Masjid Pusat menampilkan arsitektur yang khas.

Itu dibangun menggunakan bahan merah yang sama yang digunakan bangunan Glasgow, dan memiliki kubah tengah yang unik dengan menara yang terpisah dari bangunan utama.

Setelah pensiun pada tahun 1983, Muhammad Tufail Shaheen, seorang pengusaha Muslim yang sangat berpengaruh, menugaskan pembangunan Masjid Pusat.

Didsbury Mosque in Manchester, England

embed
 

Masjid Didsbury awalnya merupakan kapel metodis pada abad ke-18. Pada tahun 1962, itu diubah menjadi masjid yang kita kenal sekarang.

Bagi komunitas Muslim Manchester, Masjid Didsbury sangat dihargai karena menawarkan banyak layanan keagamaan.

Masjid Didsbury adalah pusat budaya penting bagi komunitas Muslim Manchester.

Birmingham Central Mosque in Birmingham, England

embed

Sebagai salah satu masjid terbesar di Inggris, Masjid Pusat Birmingham merupakan pusat budaya bagi komunitas Muslim setempat.

Masjid Pusat juga memainkan peran penting sebagai dewan Syariah. Ini menangani cukup banyak masalah etika Muslim, serta sejumlah besar kasus perceraian.

Baitul Futuh Mosque In Morden London, England

embed

Sebagai masjid terbesar di Inggris, Baitul Futuh memiliki kapasitas 13,000 jamaah. Jumlah ini tidak ada artinya di depan Masjid-Masjid di dunia Muslim yang mencapai jutaan, tetapi masih mengesankan di negara yang hanya memiliki kurang dari 5% Muslim.

Meski demikian, sebagai gedung serba guna yang menjadi wadah bagi umat Islam, Baitul Futuh memberikan sumbangsih yang besar bagi umat Islam secara umum.

Bukan hanya masjid, itu juga tempat perlindungan eklektik bagi umat Islam di mana mereka bisa mendapatkan dosis budaya.


(ACF)
TAGs: