Jelang Lebaran, Ini Doa Memakai Baju Baru

Sobih AW Adnan - Idulfitri 2020 17/05/2020
Photo by Artem Beliaikin on Unsplash
Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Oase.id- Hari raya Idulfitri menjelma hari besar bagi umat Islam. Ada beberapa kesunahan yang dianjurkan dalam menyambut perayaan kemenangan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan ini.

Di antara kesunahan itu adalah berhias dan mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki. Akan tetapi, bagi yang mempunyai kelapangan rezeki, kesunahan ini boleh juga diterapkan dengan memilih dan membeli baju baru yang ia sukai.

Jangan lupa, ini doa yang sangat dianjurkan dibaca ketika hendak mengenakan pakaian baru;

 

اللَّهُمَّ لَكَ الحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتِنِيهِ أسألُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ ما صُنِعَ لَهُ وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرّ ما صُنِعَ لَه

 

Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khairahu wa khaira maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lahu

Baca: Waspada Penipuan Online Selama Pandemi, Baca Doa Ini saat Berjual Beli
 

 

"Ya Allah, hanya kepada-Mu lah segala puji. Engkaulah yang telah memberiku pakaian, aku mohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang ada padanya dan aku berlindung dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang ada padanya."

 

Baca: Tetap Harus ke Pasar di saat Pandemi? Baca Doa Ini agar Tetap Terlindungi

 

Doa ini, dinukil dari hadis yang diceritakan Abu Said Al-Khudri;

"Apabila mengenakan pakaian baru, Rasulullah Muhammad Saw, menyebut namanya seperti gamis, serban, atau selendang, kemudian membaca doa; Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khairahu wa khaira maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lahu." (HR. At-Tirmidzi dan Nasa'i)

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)