Kemendikbud akan Alokasikan Rp1,49 Triliun untuk Digitalisasi Sekolah

Medcom.id - Pendidikan 03/09/2020
Photo by Medcom.id
Photo by Medcom.id

Oase.id- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,49 triliun untuk digitalisasi sekolah pada tahun anggaran 2021. Upaya ini dilakukan untuk memastikan akses pendidikan diterima secara merata.

"Digitalisasi sekolah, ini program kita. Kemerdekaan di daerah manapun dapat akses konten kurikulum, akses ke konten pengajar, akses pelatihan dan akses kepada data dan juga berbagai macam bantuan yang diberikan layanan digital," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR secara virtual, seperti dikutip dari Medcom.id, Kamis, 3 September 2020.

Dari jumlah tersebut, Rp1,175 triliun di antaranya bakal dikerahkan untuk penyediaan peralatan teknologi informasi komputer (TIK) dan sarana pendidikan. Contohnya, berupa laptop atau komputer.

 

Nadiem mengatakan upaya ini juga dilakukan sebagai dasar rencana penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang bakal digelar 2021 mendatang. Lalu, sebanyak Rp109,85 miliar bakal dikerahkan untuk penguatan platform digital.

"Kemudian Rp74,02 miliar dikerahkan untuk bahan belajar dan media pendidikan digital. Selanjutnya Rp132 miliar dianggarkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran program Belajar Dari Rumah di TVRI," sambung Nadiem.

Nadiem berencana melanjutkan tayangan pendidikan di TVRI. Program Belajar Dari Rumah ini perlu untuk menambah wawasan siswa di luar bangku sekolah.

"Khusus untuk program di TVRI bukan hanya ingin kita lakukan saat pandemi. Karena respon masyarakat positif, kita terus tingkatkan sebagai channel suplemen pendidikan nasional. Baik kurikulum maupun non-kurikulum," ucap Nadiem.


(FER)
TAGs: Pendidikan
Fera Rahmatun Nazilah
Posted by Fera Rahmatun Nazilah