7 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Perang Badar

N Zaid - Perang Badar 09/04/2023
Ilustrasi. National Geographic
Ilustrasi. National Geographic

Oase.id - Pertarungan terbaik dan paling diingat dalam sejarah Islam, Badr memegang makna kelas dunia bagi setiap Muslim karena di sinilah semuanya dimulai, pendekatan Islam melawan agnostisisme.

Perang Badar diakui sebagai pencapaian paling indah dari Islam dan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Meskipun hampir setiap Muslim berpikir tentang Perang Badar, kejelasan signifikansi dan intensitasnya masih belum ada. Sejalan dengan itu, akan memberi Anda sudut pandang poin demi poin tentang realitas yang tidak jelas dari perang suci Badar.

1. Pengetahuan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tentang musuhnya

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam biasanya memiliki informasi poin demi poin tentang musuhnya dan angkatan bersenjata yang akan dia hadapi. Di Badar, Nabi shallallahu alaihi wasallam tahu kualitas mereka, kekurangan mereka, jumlah, dan detail satu sama lain untuk melengkapi mereka dengan ujian yang kuat.

2. Muslim 313, dan Tentara Musuh Memiliki 1000 Tentara

Tentara Kebenaran, angkatan bersenjata Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam hanya berjumlah 313 orang. Melawan mereka berdiri pasukan Abu Jahal, tiga kali lebih besar, sekitar 1000 tentara untuk memerangi kaum Muslimin.

3. Para Sahabat berikrar kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebelum pertempuran

Sebelum berperang, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam meminta para sahabatnya untuk memerangi suku Quraisy. Abu-Bakr (R.A) dan Umar (R.A) tidak berbicara banyak tentang pertarungan tersebut, namun, apa yang Miqdad (R.A) katakan membuat Nabi shallallahu alaihi wasallam yakin.

Dia telah menyatakan;

Ya Nabi Allah! Hati kami bersama Anda dan Anda harus bertindak sesuai dengan perintah yang diberikan oleh Allah kepada Anda. Demi Allah! Kami tidak akan memberitahumu apa yang dikatakan Bani Israel kepada Musa.

Ketika Musa meminta mereka untuk berjihad, mereka berkata kepadanya: ‘Wahai Musa! Kamu dan Tuhanmu harus pergi dan melakukan jihad dan kami akan duduk di sini’. Kami, bagaimanapun, memberi tahu Anda kebalikannya dan mengatakan: Lakukan jihad di bawah naungan berkah Allah dan kami juga bersama Anda dan akan berperang.

4. Sebelum peperangan, Al-Qur'an sudah membuktikan kemenangan peperangan Ini

Allah telah berjanji untuk memberi Anda kemenangan atas salah satu dari dua kelompok (kafilah dan mereka yang datang untuk mempertahankannya), tetapi Anda ingin melawan yang tidak bersenjata. Dia berusaha untuk memenuhi janji-Nya dan memusnahkan orang-orang beriman agar kebenaran menang dan kepalsuan tercabut, meskipun orang-orang yang zalim menginginkan sebaliknya.” – (Surah al-Anfal, 8:7)

5. Doa Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk meminta Pertolongan Allah

Di tengah pertarungan, Nabi shallallahu alaihi wasallam dengan hati yang dibanjiri keyakinan, menghadapkan wajahnya kepada Yang Mahakuasa dan berkata:

Ya Tuhan! Jika kelompok ini dimusnahkan hari ini, tidak ada lagi yang akan menyembah Anda di muka bumi.

6. Tokoh setelah Perang Badar

Setelah perang usai, hanya 14 Muslim dari 313 yang tewas, sementara 70 orang agnostik dibantai dan 70 lainnya ditangkap.

7. Bagaimana para tawanan diperlakukan ketika perang Badar telah usai

Seperti yang ditunjukkan oleh hukum Islam, para tawanan perang menjadi budak kaum Muslimin dan setiap orang dari mereka diharuskan bekerja sesuai kemampuannya. Orang-orang terpelajar dimanfaatkan dalam mengajar orang lain dan industrialis memberikan arahan di bidang industri.

Badar adalah sebuah peristiwa ketika Islam membuktikan dirinya sebagai perintis di Arab. Ini menunjukkan bahwa dengan pertolongan Allah dan kepastian Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, umat Islam dapat menjinakkan singa apa pun dan menyelesaikan tugas apa pun. Itu adalah salah satu adegan paling kritis dalam sejarah agama Islam.

Pada 17 Maret 624 M, hari-hari awal Islam ditandai dengan Perang Badar. Muhammad shallallahu alaihi wasallam memimpin umat Islam Madinah menuju kemenangan, sedangkan Abu Jahl memimpin orang Mekah.

Sebelum pertempuran, kedua belah pihak terlibat dalam serangkaian pertempuran kecil dan penggerebekan, dan ketegangan telah tinggi antara kedua kelompok selama beberapa waktu. Terlepas dari jumlah mereka yang lebih besar dan peralatan yang lebih baik, orang Mekah bertekad untuk mengakhiri ancaman Muslim.

Ada sekitar 313 Muslim dan sekitar 1.000 orang Mekah di lembah Badr, sehingga kedua pasukan itu bentrok. Para pemimpin Muslim terbunuh dan banyak lainnya ditawan meskipun kalah jumlah dengan orang Mekah.

Sebagai hasil dari kemenangan di Badar, umat Islam membuktikan bahwa mereka mampu mempertahankan diri melawan orang Mekah. Moral mereka juga meningkat dan sebagai hasilnya mereka menjadi lebih bersatu dan memiliki tujuan.

Umat Islam di seluruh dunia memperingati Perang Badar setiap tahun sebagai peristiwa penting dalam sejarah Islam.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Perang Badar