4 Peristiwa Ajaib yang Terjadi Saat Nabi Muhammad Dilahirkan

Siti Mahmudah - Nabi Muhammad Saw Kisah Nabi dan Rasul 15/10/2021
Peristiwa ajaib saat nabi muhammad dilahirkan (Gambar oleh Stefan Keller dari Pixabay)
Peristiwa ajaib saat nabi muhammad dilahirkan (Gambar oleh Stefan Keller dari Pixabay)

Oase.id - Bulan Rabiul Awal adalah bulan kemuliaan bagi umat Muslim. Mengapa demikian? Sebab, bulan ini merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW) diutus ke dunia menjadi penerang dan pemberi rahmat serta keselamatan bagi umat manusia.

Lahirnya Nabi Muhammad ﷺ diikuti oleh beberapa atau peristiwa ajaib yang menunjukkan kenabiannya. Sumber yang paling otentik terkait tanda-tanda kenabian yang terlihat pada saat kelahirannya sebagaimana yang disebutkan, Rasul bersabda:

“Aku adalah doa moyangku, Ibrahim, dan kabar gembira yang disampaikan oleh Isa Alaihis salam (AS). Ketika ibuku tengah mengandungku, ia melihat seakan-akan ada cahaya yang keluar dari dirinya dan kemudian menerangi istana-istana Bushra di Syam.” 

Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya dari Irbadh Ibn Sariyah, dari Abu Umamah, dari Abu Nadhar, dari Faraj. Juga menurut al-Haitsami dalam al-Majmu’ hadis ini hasan.

Berikut ini Oase.id meringkas beberapa riwayat lain yang cukup masyhur terkait tanda-tanda kenabiannya saat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW) lahir, yaitu sebagai berikut.

1. Sebanyak 14 pilar istana Khosrau di Persia roboh

Runtuhnya 14 pilar istana Khosrau (Raja Persia) atau tempat pusat kezaliman dan kekafiran dunia tiba-tiba roboh.

2. Api yang biasa disembah oleh para penganut ajaran Majusi padam

Saat detik menjelang Nabi lahir, api suci yang dipuja-puja orang Majusi atau Zoroaster di kuil pemujaan di Persia tiba-tiba padam. Padahal, dikisahkan api majusi tidak pernah padam dan selalu menyala hingga 1.000 tahun.

3. Air danau Sawat menjadi surut

Air danau Sawat yang dikultuskan orang-orang Persia menjadi kering dan surut. 

4. Tempat pemujaan berhala yang berada di sekeliling runtuh

Berhala di Ka’bah dan gereja di Romawi runtuh berjatuhan. Kondisi ini menyebabkan terjadinya guncangan yang menghancurkan berhala-berhala yang berbeda di sekitar Ka’bah runtuh hancur.

Demikian beberapa peristiwa ajaib yang menandakan kenabian Muhammad saat lahir. Peristiwa tersebut memperlihatkan kepada kita semua akan datangnya sosok yang akan memberi rahmat, penerang serta keselamatan alam semesta di jagat raya.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri


(ACF)