Arab Saudi Berencana Membangun Gedung Kubus Raksasa

N Zaid - Arab Saudi 18/02/2023
'The Mukaab', yang diterjemahkan menjadi kubus, struktur raksasa sepanjang 400 meter, lebar dan dalam di ibukota Saudi, Riyadh (New Murabba Development Company)
'The Mukaab', yang diterjemahkan menjadi kubus, struktur raksasa sepanjang 400 meter, lebar dan dalam di ibukota Saudi, Riyadh (New Murabba Development Company)

Oase.id - Arab Saudi sedang membangun kubus raksasa di tengah pusat kota baru di ibu kota Riyadh. Ini adalah rencana terbaru dari barisan panjang bangunan dan kota berbentuk aneh yang direncanakan oleh kerajaan.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan proyek tersebut pada hari Kamis, mengumumkan bahwa ia akan memimpin Perusahaan Pengembangan Murabba Baru, yang bertujuan untuk mengembangkan “pusat kota modern terbesar di dunia di Riyadh”.

Proyek ini akan menampilkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan lebih dari 80 tempat hiburan, Dana Investasi Publik Arab Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Di tengahnya akan ada "The Mukaab", yang diterjemahkan menjadi kubus, struktur raksasa sepanjang 400 meter, lebar dan dalam yang terdiri dari bentuk segitiga yang tumpang tindih, dalam gaya arsitektur yang terinspirasi oleh wilayah Najd di Arab Saudi.

Mukaab akan menjadi "tujuan imersif dan pengalaman pertama di dunia", lengkap dengan "teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru".

Pada satu titik dalam video promosinya, naga CGI terlihat terbang di sekitar struktur dan bebatuan mengambang melayang di atmosfer, mungkin merupakan petunjuk tentang jenis "holografik" yang dapat diharapkan pengunjung.

Proyek ini akan berlokasi di barat laut Riyadh di area seluas 19 kilometer persegi di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid.

Ini akan mencakup 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel dan 1,4 meter persegi ruang kantor, menurut siaran pers.

Struktur pusat Mukaab akan “cukup besar untuk menampung 20 gedung Empire State”.

'Ka'bah Baru'
Proyek ini akan menambah 180 miliar riyal ($48 miliar) ke ekonomi Saudi dan “menciptakan 334.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung,” klaim siaran pers tersebut. Biaya proyek raksasa itu tidak disebutkan.

Murabba Baru banyak dicemooh oleh pengguna media sosial.

"Selamat kepada perusahaan konsultan yang tidak bermoral mana pun yang akan meraup banyak uang tahun depan karena melempar Saudi ke The Tesseract," cuit jurnalis Gregg Carlstrom, mengacu pada struktur kubus yang muncul di Marvel Cinematic Universe.

Beberapa pengguna menyamakan Mukaab dengan Borg Cube, sejenis pesawat ruang angkasa dari franchise Star Trek.

Mukaab juga dicemooh karena kemiripannya dengan struktur mirip kubus yang paling penting di Arab Saudi: Ka'bah. 

“Membangun Ka’bah baru yang secara eksklusif ditujukan untuk kapitalisme agak terlalu sulit,” kata reporter Intercept Murtaza Hussain.

“Tampaknya [putra mahkota] sedang membangun Ka'bahnya. Apakah dia akan menegakkannya sebagai kiblat baru bagi para jamaah?” cuit akademisi Asad Abu Khalil.

Ini bukan proyek megah yang menantang secara geometris pertama yang diumumkan Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir.

Kerajaan juga telah mengumumkan resor ski dengan desa vertikal terlipat, kota garis lurus sepanjang 170 km, dan kota bersisi delapan yang mengapung di atas air. Hanya masalah waktu sampai mereka menambahkan kubus raksasa ke dalam campuran juga.

Semua proyek itu akan berlokasi di Neom, megacity senilai $600 miliar yang disebut-sebut oleh penyelenggara berukuran 33 kali lebih besar dari New York City.

Pada hari Kamis, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa setidaknya 47 anggota suku Howeitat di Arab Saudi telah ditangkap atau ditahan karena menolak penggusuran untuk membuka jalan bagi megacity tersebut.


(ACF)
TAGs: Arab Saudi