Arab Saudi Sebut Kartu Nusuk Bisa Permudah Pergerakan Jamaah

N Zaid - Haji 02/05/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Pihak berwenang Saudi meluncurkan kartu Nusuk pada hari Selasa, dengan mengatakan bahwa kartu tersebut dapat memfasilitasi pergerakan semua jamaah di tempat suci.

Kartu itu juga menawarkan sejumlah layanan dan keistimewaan yang dapat diakses melalui aplikasi Nusuk dan Tawakkalna, Asharq al-Awsat melaporkan pada hari Kamis.

Nusuk berfungsi sebagai tanda pengenal bagi jamaah haji. Ini adalah platform komprehensif yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan data pribadi dan kesehatan mereka serta informasi penting lainnya. Pengguna juga bisa mendapatkan manfaat dari beragam layanan, kata laporan itu.

Pengguna dapat menerima kartu tersebut melalui kantor haji setelah mereka memperoleh izin haji.

Nusuk memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan, seperti tempat akomodasi dan transportasi. Ini juga memberikan informasi tentang lokasi bersejarah, budaya dan Islam.

Selain itu, hal ini memungkinkan pekerja yang terlibat dalam ibadah haji untuk memenuhi kebutuhan dan melayani jamaah.

Menteri Haji dan Umrah Dr. Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah berada di Indonesia untuk menyerahkan kartu Nusuk pertama kepada Menteri Agama Yaqut Qoumas.

Beliau juga bertemu dengan pejabat senior, pimpinan perusahaan dan investor untuk membahas peluang yang ada untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan selama ibadah haji.


(ACF)
TAGs: Haji