Kefir Membantu Tetap Kenyang di Saat Puasa

N Zaid - Ramadan 2023 01/04/2023
Ilustrasi. Foto ist
Ilustrasi. Foto ist

Oase.id - Kefir adalah produk susu yang sangat penting dalam nutrisi harian, dan ahli diet mengatakan bahwa karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan merupakan sumber protein yang baik, ini membantu kita tetap kenyang saat berpuasa selama berjam-jam Ramadan.

Menekankan bahwa makanan olahan susu merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, terutama protein, kalsium, vitamin B2, dan vitamin B12, Dr. Aslıhan Kara, spesialis nutrisi dan diet di Rumah Sakit Pendik VM Medical Park, mengatakan kefir memiliki tempat khusus dalam nutrisi Ramadan.

Kara menyatakan bahwa karena kefir merupakan sumber protein dan kalsium yang penting, mereka yang berpuasa dapat memasukkan kefir dalam makanan berbuka puasa dan sahur.

“Kefir mengandung semua nutrisi dalam susu. Selain itu, telah ditentukan bahwa asam amino dan beberapa asam lemak, yang sangat diperlukan tubuh dan harus dikonsumsi bersama makanan, terdapat dalam komposisi kefir. Karena kefir memiliki kandungan tinggi nilai gizi dan merupakan sumber protein yang baik, membuat kita kenyang saat berpuasa."

Kara menunjukkan bahwa lebih banyak orang mengkonsumsi makanan probiotik karena memberikan perlindungan dari penyakit dan membantu menjalani hidup sehat.

“Kefir adalah produk susu fermentasi kompleks alami yang mengandung lebih dari 50 bakteri probiotik dan spesies ragi. Posisinya di antara sumber makanan bergizi sehat semakin penting. Beberapa vitamin dan berbagai metabolit yang terbentuk dalam produksi kefir secara positif memengaruhi flora usus manusia dan sistem kekebalan tubuh,” dia berkata.

Dia menunjukkan bahwa perlu memperhatikan jumlah asupan kefir dan disarankan maksimal dua gelas; sedangkan untuk anak-anak satu gelas sudah lebih dari cukup.


(ACF)
TAGs: Ramadan 2023