Bank Sentral Filipina Mempromosikan Keuangan Islam, Mengundang investor Saudi

N Zaid - Ekonomi Syariah 06/09/2023
Bangko Sentral ng Pilipinas Arifa A. Ala berbicara pada pengarahan “Perbankan dan Keuangan Islam di Filipina” di kedutaan Filipina di Riyadh, Arab Saudi, pada 17 Agustus 2023. (BSP)
Bangko Sentral ng Pilipinas Arifa A. Ala berbicara pada pengarahan “Perbankan dan Keuangan Islam di Filipina” di kedutaan Filipina di Riyadh, Arab Saudi, pada 17 Agustus 2023. (BSP)

Oase.id - Bank sentral Filipina mengatakan bahwa pihaknya telah mempromosikan inisiatif perbankan dan keuangan Islam di negara tersebut dan mengadakan konsultasi di Arab Saudi untuk memperluas sektor ini.

Bangko Sentral ng Pilipinas telah aktif mempromosikan keuangan Islam di negara ini, dan kemungkinan pengembangannya telah meningkat sejak bulan lalu, ketika dewan moneter negara tersebut menyetujui izin unit perbankan Islam pertama untuk bank tradisional.

Keputusan tersebut memperluas kemungkinan bagi bank-bank asing dan swasta untuk memasuki pasar. Sebelumnya, hal ini terbatas pada Bank Investasi Islam Al-Amanah milik negara Filipina.

“Strategi BSP dalam mempromosikan perbankan dan keuangan Islam mendukung mandat stabilitas keuangan BSP karena model bisnis perbankan dan keuangan Islam menekankan tata kelola syariah dan prinsip pembagian risiko untuk mendorong kesetaraan, keadilan dan transparansi,” kata bank sentral dalam sebuah pernyataan.

Untuk memperluas sektor ini lebih lanjut, Arifa A. Ala, asisten gubernur bank yang merupakan advokat utama perbankan dan keuangan Islam dan ketua Forum Koordinasi Keuangan Islam, mengadakan pengarahan kepada pemangku kepentingan Saudi dan Filipina di Kedutaan Besar Filipina di Riyadh pada Agustus 2018. 17.

Bertema “Perbankan dan Keuangan Islam di Filipina,” sesi ini menyoroti peluang investasi dan potensi untuk memperluas inklusi keuangan di Filipina yang mayoritas penduduknya beragama Katolik dan bagi warga Filipina di luar negeri.

“Model bisnis perbankan syariah bermanfaat bagi semua jenis nasabah perbankan tanpa memandang agama,” kata Ala.

“Tujuannya adalah untuk memberikan masyarakat, secara umum, baik Muslim atau non-Muslim, pilihan keuangan yang tepat dan sesuai dengan selera risiko dan kebutuhan keuangan mereka dan membuat Filipina selaras dengan perkembangan global.”

Ala telah memberi pengarahan kepada investor di Riyadh mengenai inisiatif yang dilakukan di Filipina untuk memperluas sektor ini.

“Asisten Gubernur Ala berbagi tonggak penting dalam pengembangan ekosistem perbankan dan keuangan Islam Filipina,” kata BSP. 

“(Dia) menekankan besarnya peluang investasi dan potensi manfaat dalam hal jangkauan yang lebih luas.”


(ACF)