3 Amalan yang Membuat Pahala Seseorang Terus Mengalir meski Telah Meninggal

Octri Amelia Suryani - Pahala Inspirasi 21/08/2021
Gambar oleh 15329403 dari Pixabay
Gambar oleh 15329403 dari Pixabay

Oase.id - Sesungguhnya kematian itu nyata adanya. Tidak ada kehidupan di muka bumi yang kekal dan abadi. Karena semua yang bernyawa pasti akan mati.

Seperti firman Allah dalam QS. Al-Anbiya ayat 34-35, yang berbunyi:

وَمَا جَعَلۡنَا لِبَشَرٍ مِّنۡ قَبۡلِكَ الۡخُـلۡدَ‌ ؕ اَفَا۟ٮِٕن مِّتَّ فَهُمُ الۡخٰـلِدُوۡنَ

Artinya: "Dan Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia sebelum engkau (Muhammad); maka jika engkau wafat, apakah mereka akan kekal?” (QS. Al-Anbiya - 34)

كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَنَبۡلُوۡكُمۡ بِالشَّرِّ وَالۡخَيۡرِ فِتۡنَةً‌  ؕ وَاِلَيۡنَا تُرۡجَعُوۡنَ

Artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya - 35)

Ayat di atas telah menegaskan bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Semua yang hidup dan bernyawa akan kembali.

Sebagai muslim yang beriman, hendaknya yakin terhadap apa yang telah menjadi perjalanan hidup manusia yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, layaknya perjalanan yang harus mempersiapkan bekal amal saleh sesuai ajaran agama. Maka, hendaklah kita mempersiapkan segalanya agar tidak ada kerugian semasa hidup di dunia.

Amalan yang akan dibawa mati bukan rumah mewah atau harta berlimpah. Melainkan ada 3 amalan seperti sabda Rasulullah ﷺ dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Hadis di atas menjelaskan bahwa ada 3 amalan yang akan terus mengalir pahalanya meskipun orang tersebut telah meninggal dunia, yaitu: 

1. Sedekah jariyah
Sedekah jariyah adalah amalan pertama yang terus mengalir pahalanya. Contohnya seseorang yang menyumbangkan Al-Quran. Selama Al-Quran masih digunakan untuk hal-hal yang baik, maka selama itu pula amalannya akan terus mengalir tanpa mengurangi pahala orang yang membaca Al-Quran tersebut.

2. Ilmu yang bermanfaat
Seseorang yang memiliki ilmu dan menyebarkan ilmu yang dia punya kepada orang lain. Jika ilmu tersebut tersebar luas, maka pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang mulanya mengajarkan ilmu tersebut.

3. Doa anak saleh
Anak yang saleh pasti akan paham akan kehidupan di dunia berkat kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya. Maka anak yang saleh tidak akan lupa untuk tetap mendoakan orang tuanya, baik semasa hidup atau telah meninggal dunia. Karena doa anak yang saleh akan selalu mengalir ke orang tuanya walaupun sudah di alam kubur.


(ACF)