4 Keutamaan I'tikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Siti Mahmudah - Ramadhan 2021 07/05/2021
Gambar oleh Sharon Ang dari Pixabay
Gambar oleh Sharon Ang dari Pixabay

Oase.id: I'tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah dan bermuhasabah atas perbuatan-perbuatan yang sudah dilakukan. I'tikaf boleh dilakukan kapan saja. Namun, i'tikaf pada 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan memiliki banyak nian keutamaan.

Berikut Oase.id merangkum 4 keutamaan i’tikaf pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan.

1. Mendekatkan diri pada Allah SWT

I’tikaf dilakukan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada Allah Swt dengan cara salat sunah dan berzikir di masjid dengan penuh kekhusyukan.

2. Didoakan Malaikat

Keutamaan selanjutnya, i’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan dapat didoakan malaikat agar mendapat ampunan dari Allah Swt. Hal tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

“Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu salat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya, "Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia”. (HR. Imam Ahmad)

 

Baca juga: Apa Itu I’tikaf? Berikut Pengertian, Doa, Beserta Tata Caranya

 

3. Jauh dari Api Neraka

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Baihaqi, Ibnu Abbas Radiyallaahu anhu (RA) berkata:

"Barangsiapa beritikaf satu hari karena mengharap keridaan Allah, Allah akan menjadikan jarak antara dirinya dan api neraka sejauh tiga parit, setiap parit sejauh jarak timur dan barat”. (HR. Thabrani dan Baihaqi)

4. Ampunan Dosa

Keutamaan terakhir, bagi umat Islam yang melakukan i’tikaf di masjid pada 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan, akan diampuni segala dosanya, di bangun istana di surga, dan mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-adzkar An-Nawawi karya Syekh Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi


(ACF)