Pemerintah Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral 

Sobih AW Adnan - Kerukunan dan Toleransi 07/02/2020
Renovasi Masjid Masjid Istiqlal telah mencapai 70 persen/Antara Foto/Aditya Pradana Putra
Renovasi Masjid Masjid Istiqlal telah mencapai 70 persen/Antara Foto/Aditya Pradana Putra

Oase.id- Pemerintah akan membangun terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Terowongan ini disebut sebagai 'terowongan silaturahmi'.
 
Terowongan ini salah satu bagian dari revitalisasi kawasan Masjid Istiqlal. Revitalisasi pertama kali dilakukan sejak Masjid Istiqlal berdiri.
 
"Tadi, ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Sudah saya setujui, ini menjadi terowongan silaturahmi," kata Jokowi di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Februari 2020.

Jokowi ingin mempermudah jemaah atau wisatawan religi mengakses kedua tempat ibadah itu. Warga pun tidak perlu menyeberang jalan.

 

Renovasi Masjid Istiqlal dimulai sejak Mei 2019. Saat ini, progres renovasi masjid sudah 71,34 persen pada minggu ke-38. Renovasi ditargetkan rampung sebelum Ramadan tahun ini.

Revitalisasi ini menghabiskan dana Rp475 miliar yang digunakan untuk memperbaiki bagian dalam bangunan. Mulai pembersihan lantai dan dinding hingga perbaikan tata suara dan tata cahaya.
 
Renovasi juga meliputi penataan Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal, ruang perkantoran di bawah masjid, dan area parkir. Penataan lanskap juga dilakukan.
 
"Pembangunan lanskap di luar, bukan hanya interior, eksterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya lebih bagus lagi," pungkas Jokowi.


(SBH)