Cara Mudah dan Cepat Menghafal Surah Al-Quran

Octri Amelia Suryani - Al-Quran 23/06/2021
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay

Oase.id - Salah satu amalan paling baik bagi umat Islam adalah menghafal Al-Quran. Para penghafal Al-Quran akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah. Yaitu, mahkota kemuliaan di hari kiamat.

Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: Rajinlah membaca Al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. (HR. Muslim)

Kemudian dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:

من قرأ القرآن وتعلَّم وعمل به أُلبس والداه يوم القيامة تاجاً من نور ضوؤه مثل ضوء الشمس ، ويكسى والداه حلتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان : بم كسينا هذا ؟ فيقال : بأخذ ولدكما القرآن

Artinya: Siapa yang menghafal Al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Quran.” (HR. Hakim)

Berdasarkan dua hadis di atas, maka diketahui bahwa kemuliaan tidak hanya didapat oleh penghafalnya saja. Melainkan, orang tua dari penghafal itu juga mendapatkan mahkota kemuliaan di hari yang kekal nanti.

Untuk itu, Oase.id coba berbagi tips tentang cara mudah menghafal surah Al-Quran:

1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran
Salah satu cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat yang paling ampuh yaitu mengakrabkan diri dengan Al-Quran. Berinteraksi dengan Al-Quran dalam kurun waktu yang cukup banyak. Salah satu caranya adalah memulai membaca 5 juz per hari. Kemudian menghafal 1 ayat per hari.

2. Memperbaiki Bacaan
Sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki sebelum memulai cara menghafal Al-Quran. Dengan memberikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al-Quran, selain hafalan menjadi lebih sempurna juga pahala yang didapatkan semakin berlipat.

Selain itu, memperbaiki bacaan perlu dilakukan agar terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Al-Quran memang mempunyai banyak keutamaan, tetapi harus dilakukan dengan cara baik dan benar.

3. Sering Melakukan Murojaah
Cara atau tips selanjutnya yaitu sering melakukan murojaah atau mengulang bacaan. Semakin sering kita mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan. 

Sebaiknya tidak terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut. Disarankan untuk mengulang murojaah sesering mungkin. Sehingga ayat yang sudah dihafalkan bisa melekat di ingatan dalam waktu yang lama.

4. Pasang Target Menghafal Al-Quran
Pasang target sangat baik dalam menghafal Al-Quran. Dengan adanya target yang jelas, maka akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

5. Membuat Jadwal Hafalan
Selanjutnya, buatlah jadwal rutin. Hal ini sangat penting agar bisa disiplin dalam proses menghafal. Upayakan menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al-Quran setiap harinya. Adapun beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Al-Quran, di antaranya di sepertiga malam terakhir, saat pertengahan siang hari, dan di pagi hari setelah salat subuh.

6. Banyak Mendengar Murotal
Sering mendengarkan murotal merupakan salah satu cara paling mudah dalam menghafal Al-Quran. Biasanya, akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantunkan dalam irama yang merdu dan didengarkan secara berulang-ulang. Semakin sering mendengarkan murotal, maka semakin cepat banyak ayat yang kita hafal.

7. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Quran
Dalam menghafal, pastikan untuk selalu menggunakan mushaf Al-Quran yang sama. Dengan menggunakan mushaf yang sama, maka akan mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah dihafalkan.

8. Istiqomah
Tips atau cara terakhir adalah istiqomah. Yaitu, prinsipnya adalah teguh untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan dan situasi apa pun. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi konsistensi. Begitu juga, tidak ada hafalan yang kuat diraih kecuali konsisten mengulang-ulang hafalan tersebut.

Demikian tips menghafal Al-Quran yang dapat kita lakukan. Semoga Allah selalu memberi petunjuk bagi kita semua. Amin YRA.


(ACF)
TAGs: Al-Quran