Kota Bawah Tanah di Kayseri Türkiye Terus Mengungkap Misteri

N Zaid - Turki 13/09/2023
Kota Bawah Tanah di Kayseri Türkiye Terus Mengungkap Misteri. Foto: Dailysabah
Kota Bawah Tanah di Kayseri Türkiye Terus Mengungkap Misteri. Foto: Dailysabah

Oase.id - Kota bawah tanah sepanjang 376 kilometer (234 mil) di provinsi Kayseri, Anatolia tengah, terus menyembunyikan misterinya.

Terowongan kota, yang melewati hampir semua rumah di wilayah tersebut dan pintu masuknya ditutup oleh penduduk seiring berjalannya waktu, pernah menjadi fitur perdagangan penting di wilayah tersebut.

Berbicara kepada media lokal, Mustafa Aksu, mantan walikota distrik tersebut, mengatakan bahwa orang-orang yang datang ke Zincidere dari waktu ke waktu membangun 250 rumah besar di lingkungan tersebut.

“Mereka adalah masyarakat kaya yang berkembang pesat dalam perdagangan. Zincidere adalah jantung perdagangan kapas di Anatolia tengah pada saat itu. Ada 52 pedagang kapas di sini pada tahun 1873. Mereka mendirikan pusat perdagangan yang signifikan di sini,” ujarnya.

“Pusat utama terowongan bawah tanah adalah biara di Brigade Komando Zincidere. Terowongan melewati semua rumah di Zincidere. Jalan penghubung membentang dari sini hingga Cappadocia. Dari Cappadocia, perjalanan menuju Aksaray dan kemudian ke Dulkadirli di Kırşehir. Total panjang terowongan bawah tanah adalah 376 kilometer.”

Mengingat bahwa terowongan tersebut dibangun terutama untuk tujuan pertahanan dan keamanan, Aksu mengatakan bahwa terowongan tersebut juga membuat orang tetap sejuk selama bulan-bulan musim panas.

Aksu menambahkan bahwa terowongan tersebut melewati banyak rumah tetapi penduduk menutup jalan tersebut dengan memblokir pintu masuk seiring waktu.

“Karena terowongan tersebut berada di bawah hampir semua rumah, setiap orang membangun tembok di pintu masuk sehingga tidak ada orang yang dapat memasuki properti mereka tanpa izin.” (foto:dailysabah)


(ACF)
TAGs: Turki