Dua Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Jumadil Akhir

Phooby Kamaratih - Jumadil Akhir 19/01/2022
 Photo by Nadim from Pexels
Photo by Nadim from Pexels

Oase.id - Jumadil Akhir merupakan bulan keenam dalam kalender Hijriah, yang memiliki arti musim kemarau yang penghabisan. Dalam sejarah Islam, terdapat dua peristiwa penting yang terjadi di bulan Jumadil Akhir. Peristiwa tersebut adalah wafatnya Abu Bakar Ash Shiddiq dan terjadinya perang Yarmuk.

1. Wafatnya sahabat Nabi ﷺ

Abu Bakar Ash Shiddiq merupakan salah satu sahabat Rasulullah ﷺ yang wafat pada bulan Jumadil Akhir. Tepatnya pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriah atau sekitar 12 Agustus 634 Masehi. Abu Bakar wafat pada usianya yang ke 63 tahun, lalu beliau dimakamkan bersebelahan dengan makam Rasulullah ﷺ.

Abu Bakar merupakan orang pertama yang masuk Islam dan sekaligus menerima dakwah dan membenarkan kerasulan Nabi Muhammad ﷺ. Sosok Abu Bakar Ash Shiddiq dikenal sebagai sosok yang penyabar dan memiliki akhlak yang luhur.

2. Perang Yarmuk

Perang ini terjadi pada bulan Jumadil Akhir tahun ke 13 Hijriah, yang dipimpin oleh Khalid bin Al-Walid dengan jumlah pasukan sebanyak 45.000 orang Muslimin. Dalam peperangan ini, separuh tentara Rum menghilang, dan dari pihak Muslimin mencapai 3000 orang syahid.

Perang ini akhirnya dimenangkan oleh tentara Muslim. Demikian dua peristiwa penting dalam sejarah Islam, semoga kita selalu mengingat sejarah Islam untuk meningkatkan ketakwaan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.


(ACF)