Banya Bashi, Masjid di Bulgaria yang Memiliki Spa Alami

N Zaid - 31/08/2022
Banya Bashi. Foto Wikiwand
Banya Bashi. Foto Wikiwand

Oase.id - Di masa lalu, Bulgaria masuk dalam kekuasaan Ottoman Turki hampir selama 500 tahun dimulai pada abad 14 hingga Bulgaria memerdekakan diri pada 1878. Salah satu jejak kekuasaan Ottoman di negeri itu adalah masjid Sofia atau Banya Bashi.

Masjid Banya Bashi dibangun di Sofia pada tahun 1576 di lokasi pemandian kuno. Kata Bulgaria untuk mandi adalah "banya" sehingga mesjid ini diberi nama itu. 

Banya Bashi dirancang oleh arsitek terkenal Ottoman, Mimar Haji Sinani. Bangunan ini berbentuk kubus dan dimahkotai oleh kubah besar dengan menara tinggi berdiri di sebelahnya. 

Bagian bawah masjid dihiasi dengan ornamen warna-warni dan ucapan-ucapan dari Al-Qur'an atau Al-Qur'an. Muslim tidak diperbolehkan untuk menggambarkan hewan atau manusia sehingga Anda tidak akan melihat penggambaran mereka di sini. Ini adalah masjid terbuka.

Pembangunan Masjid Banya Bashi selesai pada tahun 1576, selama tahun-tahun Ottoman menguasai kota. Masjid mendapatkan namanya dari frase Banya Bashi, yang berarti banyak pemandian. Keistimewaan masjid yang paling menonjol adalah masjid ini dibangun di atas spa termal alami; orang bahkan dapat melihat uap mengepul dari ventilasi di tanah dekat dinding masjid. Masjid ini terkenal dengan kubahnya yang besar, diameter 15m, dan menaranya. 

Saat ini, Masjid Banya Bashi adalah satu-satunya masjid yang berfungsi di Sofia, sisa kekuasaan Ottoman di Bulgaria yang berlangsung hampir lima abad, dan digunakan oleh komunitas Muslim di kota itu.

Arsitektur
Bangunan utama masjid berbentuk segi empat. Di antara empat kubus sudut adalah kubus tengah dan menara. Di depannya ada lampiran (tetim) dengan tiga kubus kecil. Dibangun untuk mengenang mendiang istri Qad Seyfulllah Effendi.

Pemandian Masjid Bashi adalah kreasi arsitektur menarik yang mencerminkan kekhasan pemikiran arsitektur Ottoman pada abad ke-16. Dindingnya terbuat dari batu pahat dan batu bata, dengan deretan batu bata merah ditempatkan di antara deretan batu. 

Di empat sudut, seperti di masjid Makbul Ibrahim Pasha di Razgrad, menara kecil didirikan, di mana struktur pendukung diturunkan melalui lingkaran. Di sudut enam belas balok balok ditempatkan pelindung dada ganda. Dinding ruang sholat dan lengkungannya terbuat dari batu. Kolom terbuat dari tubuh batu tunggal dan matte. Mahkota adalah baris ganda stalakmid. 

Lengkungan di atas pintu depan, yang diakhiri dengan karangan bunga, juga merupakan batu. Kubah pusat ditutupi dengan pelat timah. Menara masjid adalah karya arsitektur yang sangat indah. 

Interior masjid telah memperoleh penampilan yang sekarang sebagai hasil dari beberapa perbaikan. Perombakan besar terakhir dilakukan pada 1920-an dengan dukungan keuangan dari Duta Besar Turki untuk Sofia Fethi Bay. Perbaikan sebagian untuk pengecatan, plesteran, dll itu dilakukan setelah Perang Dunia II. 

Pada tahun 1983, pemugaran total eksterior masjid dilakukan, dirancang oleh lengkungan. Kr. Ganchev dari Institut Nasional untuk Monumen Budaya. Dalam beberapa dekade terakhir, perbaikan telah dilakukan dengan sumbangan wakaf Turki dan Arab. Dengan dukungan mereka, sistem pemanas di bawah lantai dibangun.

Keadaan masjid Banya Bashi saat ini memungkinkannya untuk berdoa dengan sekitar 700 Muslim pada hari Jumat. Kapasitas masjid antara 500-700 orang. Itulah sebabnya pada saat hari raya dan salat Jumat, para jemaah salat di luar trotoar. Dulu, masjid Efendi Qadi Seifulllah dan Emin Dede dikubur di sekitar masjid.

Masjid Banya Bashi yang letaknya di tengah Kota Sofia tepatnya di Knjaginja Maria Luisa Boulevard ini adalah satu-satunya masjid yang dibuka di Sofia. Masjid ini bukan hanya menjadi yang tertua di Bulgaria, tetapi juga di Eropa. 

Banya Bashi pun masuk ke dalam top 10 tempat menarik di Sofia. Namun secara resmi, Banya Bashi tidak dibuka untuk turis. Namun pengelola mengizinkan pengunjung untuk datang di luar jam salat. Turis wajib berpakaian tertutup, dari lutut hingga pundak. Wanita juga diwajibkan mengenakan penutup rambut. Pengelola menyediakan kerudung sebelum pintu masuk untuk dipinjam turis. 


(ACF)
TAGs: