Kota Tua Sanaa: Situs Warisan Dunia yang Terancam Perang dan Pengabaian

N Zaid - yaman 03/02/2023
Sanaa Yaman. Foto Unesco
Sanaa Yaman. Foto Unesco

Oase.id - Sulit untuk menentukan kapan orang pertama kali menetap di Sanaa, terutama karena kota tersebut memberikan kesan bahwa kota ini selalu dihuni. Tradisi lokal cenderung mendua pada pertanyaan itu. Salah satunya, seorang putra Nuh dikatakan telah mendirikan kota itu, sementara yang lain menelusuri asal-usulnya hingga pemukiman pra-Islam sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Kota Tua tidak besar tetapi orang masih mudah tersesat di gang-gangnya yang berkelok-kelok. Di sana, struktur mirip roti jahe yang tinggi dan padat muncul dari bumi.

Rumah menara ini terbuat dari tanah, batu bata yang dibakar, dan gipsum putih. Mereka secara estetis mengikuti pola dekorasi kontras tinggi namun harmonis yang meningkatkan penempatan jendela dan lantai bangunan.

Di tempat lain, menara mengintip melalui cakrawala kota metropolis kuno, sementara di permukaan tanah, taman yang rimbun memberikan keteduhan dan mata pencaharian bagi para pedagang.

Lebih dari seratus masjid dan 6.000 rumah dibangun di Sanaa sebelum abad ke-11, termasuk Masjid Agung Sanaa, yang diakui sebagai masjid pertama yang dibangun di luar Mekkah dan Madinah, selama tahun keenam dalam kalender Hijrah.

Menurut beberapa sumber, Nabi Muhammad ﷺ memerintahkan pembangunannya. Tapi terlepas dari siapa yang menugaskannya, struktur itu tetap menjadi salah satu prestasi arsitektur paling awal Islam, dan agama itu telah berdiri kokoh di Sanaa di bawah khalifah Rashidun keempat, Ali.

Akses ke Kota Tua disediakan oleh sejumlah gerbang yang tersebar di sekitar temboknya yang sebagian diawetkan, di antaranya adalah Bab Al-Yaman (Gerbang Yaman) yang ikonik.

Di dalamnya terdapat pasar yang menjual segala jenis barang dan jasa, termasuk makanan, pakaian, pandai emas, pandai perak, dan kerajinan tangan lainnya. Ada juga kafe seperti Samsarat Wardah, hotel seperti Burj Al Salam, dengan pemandangan kota yang memukau, serta pusat budaya.

“Sanaa adalah hadiah yang diinginkan oleh banyak orang,” tulis Wael al-Ahnomi untuk Pusat Sanaa, mengingat bagaimana situs tersebut menjadi wilayah konflik selama Kekhalifahan Abbasiyah, dari abad ke-8 hingga ke-13, ketika Ziyadid lokal, Rasulid, dan dinasti Yu'furid semuanya melihat penguasaan Sanaa sebagai cara untuk memperluas wilayah mereka.

Kota yang pernah menjadi ibu kota Yaman Aksumite ini juga merupakan pusat multiagama selama berabad-abad. Kuartal Yahudi, yang didirikan sekitar abad ke-17 di bagian barat Kota Tua, mengenang masa ketika orang Yahudi dan Kristen hidup berdampingan bersama Muslim di Sanaa.

Baru-baru ini, orang barat menemukan kembali keindahan Sanaa melalui film dokumenter Pier Paolo Pasolini, The Walls of Sana'a (1971), yang, setelah bertahun-tahun ketika aksesnya sulit bagi orang asing, mengungkapkan sebuah situs dengan keindahan yang menakjubkan. Pasolini jatuh cinta dengan Kota Tua dan sering dipuji karena tanpa lelah mengadvokasi pelestariannya.

"Banding" untuk menyelamatkan Old Sanaa ini memuncak pada tahun 1986 ketika Unesco memberikan status Warisan Dunia Kota Tua sebagai pengakuan atas "nilai universal yang luar biasa".

Namun, butuh waktu kurang dari 30 tahun – satu generasi – agar situs tersebut masuk dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya organisasi tersebut, pada tahun 2015.

Kombinasi pengabaian, perang, dan bencana alam kini memperparah upaya konservasi dan restorasi, yang seringkali diserahkan kepada individu, organisasi masyarakat, atau bantuan internasional.

Kurangnya pemeliharaan dan perbaikan perkotaan di Kota Tua, menyebabkan kritik tingkat tinggi terhadap Organisasi Umum Yaman untuk Pelestarian Kota Bersejarah di Yaman (GOPHCY) - entitas yang bertanggung jawab atas pelestariannya.

Pada tahun 2014, Unesco menyatakan keprihatinan atas kurangnya keterlibatan GOPHCY dalam proyek besar untuk merehabilitasi sistem air dan pembuangan limbah yang sedang dikembangkan oleh sekretariat Sanaa dan potensi dampak struktural negatif yang dapat ditimbulkan oleh proyek ini terhadap bangunan individu dan arkeologi.

Namun demikian, bahkan jika badan warisan Yaman lebih terlibat, badan itu kurang gigih untuk menegakkan akuntabilitas.

Konflik juga berdampak langsung pada Kota Tua karena Kementerian Pertahanan Yaman terletak tepat di luar temboknya.

Pada 2015, beberapa bulan setelah gerakan Houthi menguasai kota, aliansi pimpinan Saudi memulai operasi militer di Yaman, termasuk serangan udara di ibu kota.

“Ketika perang dimulai segalanya berubah. Sangat mengejutkan melihat pengeboman di depan mata saya," kata wartawan Yaman Ahmad Algohbary kepada Middle East Eye.

Dia ingat hari ketika sebuah bom jatuh di Kota Tua pada tahun 2015, menewaskan sebuah keluarga, mengingat bahwa "mereka adalah petani".

Perang dan krisis ekonomi juga memaksa warga untuk menjual rumah mereka, yang kemudian sering dibangun kembali atau dibangun kembali menggunakan bahan dan gaya yang melanggar norma konservasi. Perubahan pada rumah-rumah kuno Kota Tua ini sekarang dapat berarti bahwa status warisan kawasan tersebut telah dihapus oleh UNESCO.

Selain perang dan penelantaran, perubahan iklim juga berdampak karena bencana alam semakin sering terjadi.

Banjir bandang “telah membuat menara-menara kuno yang menakjubkan bertekuk lutut,” kata sarjana Ahmed Nagi, sekarang analis senior untuk International Crisis Group, mengacu pada banjir pada tahun 2020.

Dilaporkan bahwa 131 orang tewas, baik secara langsung akibat banjir maupun ketika rumah-rumah ambruk, termasuk rumah penyair Yaman Abdullah al-Bardoni.

Pada Agustus 2022, hujan lebat menyebabkan runtuhnya 10 bangunan bersejarah dan lebih dari 80 kerusakan.

Bagi Nagi, banjir adalah simbol hilangnya identitas yang lebih luas, dan keragaman budaya yang pernah menjadikan Sanaa rumah toleransi telah menyusut dengan cepat akhir-akhir ini.

Ketika gerakan Houthi mengambil alih Sanaa pada tahun 2014, slogan mereka - "kutukan bagi orang Yahudi" - dengan cepat diproklamirkan di papan reklame dan dicat sembarangan di tembok kota, termasuk di sekitar Kota Tua, terlepas dari status warisan mereka.

Akibatnya, banyak orang Yahudi pergi. Pada Maret 2022, PBB melaporkan bahwa hanya satu orang Yahudi yang tersisa di Sanaa, turun dari komunitas yang pernah berjumlah puluhan ribu.

Sebelum eksodus terakhir ini, sekitar 49.000 orang Yahudi Yaman telah meninggalkan tanah air mereka antara tahun 1949 dan 1950, sebagai bagian dari pengangkutan udara Israel bernama “Operasi Karpet Ajaib”.

Simbol pemersatu bagi orang Yaman
Namun terlepas dari kesulitan dan perpecahan saat ini, Kota Tua masih menjadi simbol kebanggaan dan persatuan yang abadi bagi orang Yaman.

“Berjalan di jalan sempit yang berkelok-kelok di salah satu kota tertua di dunia adalah pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan oleh siapa pun,” tulis Nagi.

Algohbary memberi tahu MEE bahwa dia "menyukai kehidupan sederhana, keindahan, budaya Kota Tua", sambil mengingat bagaimana dia biasa berbelanja di sana menjelang Idul Fitri.

Bagi seniman Yaman yang sekarang diasingkan di luar negara mereka, Kota Tua Sanaa adalah tempat nostalgia dan kenangan yang ditata ulang.

“Saya ingat aroma kopi, pasar tembaga, pasar perhiasan, pakaian pengantin. Orang-orang berjalan, orang-orang membeli, berteriak, dan tawar-menawar. Saat Anda berjalan melewati Bab Al Yaman, itu indah. Itu kata kecil, dunia Sanaa, ”kata seniman mural Murad Subay kepada MEE.

“Itu adalah jiwa orang Yaman,” tambahnya, mengingat keramahan penduduknya, cara seseorang menunggu di depan rumah orang asing dan diundang untuk minum atau minum kopi.

Farah Maktari memasukkan simbol-simbol visual Kota Tua dalam karya-karya kontemporernya, yang diambil dari pengaruh pelopor seni grafis Yaman, Fuad Al-Futaih.

“Ketika mengunjungi Bab al Yaman dengan keluarga saya sebagai seorang anak, itu menjadi pencarian untuk menemukan gang, toko, dan harta karun yang akan dia tangkap dalam karya seninya,” kenangnya, menambahkan bahwa: “Ini sekarang memainkan peran inspirasi yang menonjol. untuk praktik seni saya sendiri.

Bagi seniman Mazher Nizar, Kota Tua Sanaa adalah motif yang berulang dalam lukisan cat airnya yang mirip sketsa. Mereka menunjukkan irisan kehidupan dalam detail fotografis, waktu yang ditangguhkan.

“Anda bisa masuk ke dalam dan merasakan jiwa orang yang berjalan bersama Anda,” kata Subay.

Kota Tua terus hidup. Yumna Al-Arashi meninjau kembali wajah dan jalinan kota dalam seri “Hantu Yaman” (2013).

Dalam reportase foto monokromatik ini, dia memperkenalkan kita ke tempat yang dia gambarkan sebagai "tua, bersemangat, dan sebagian besar cacat" tetapi tempat yang dia sukai dan rindukan. 


(ACF)
TAGs: yaman