Apakah Erling Haaland Seorang Muslim?

N Zaid - Pergaulan Islam 05/07/2023
Erling Haaland. Foto: Ist
Erling Haaland. Foto: Ist

Oase.id - Pesepakbola Norwegia berbakat Erling Haaland telah menjadi subyek spekulasi tentang keyakinan agamanya. Meskipun Haaland tidak pernah mengakui dirinya sebagai Muslim, beberapa tweet dan postingan di media sosial membuat penggemar bertanya-tanya apakah dia seorang Muslim atau tidak.

Dalam beberapa kesempatan, Haaland menggunakan kata-kata Islami seperti Alhamdulillah dan insya Allah yang memicu perbincangan tentang keyakinan agamanya. Namun, cukup jelas bahwa postingan atau tweet itu sendiri bukanlah bukti yang tepat bahwa Haaland adalah seorang Muslim.

Kembali di Abu Dhabi, selama salah satu kamp pelatihannya, dia berbagi foto masjid dengan tulisan 'WOW' di akun Instagram-nya. Meskipun gerakan ini dapat dilihat sebagai kekaguman terhadap situs tersebut, namun tidak memberikan bukti konklusif mengenai keyakinan agamanya.

Pada September 2021, Haaland merayakan gol bersama rekan setimnya Mahmoud Dahoud. Akun Twitter Borussia Dortmund membagikan gambar perayaan tersebut, dengan tulisan “Alhamdulillah Habibi.” Tanggapan Haaland untuk tweet ini adalah “Alhamdulillah” yang sederhana.

Interaksi ini membuat banyak penggemar percaya bahwa Haaland mengakui dan menghormati keyakinan Muslim rekan setimnya. Namun, perlu dicatat bahwa ini juga dapat diartikan sebagai sikap kekaguman daripada deklarasi afiliasi keagamaan pribadi.

Tweet lain yang memicu rasa ingin tahu adalah ketika akun Twitter yang berbasis di Manchester City mengucapkan selamat ulang tahun kepada Haaland, dan dia menjawab dengan “Terima kasih! Debut vs Bayern Insya Allah.” Penggunaan "Insya Allah", mengejutkan penggemar dan menimbulkan spekulasi lebih lanjut tentang keyakinan agama Haaland.

Namun, seperti contoh sebelumnya, ini juga bisa dilihat sebagai pertunjukan penghormatan atau referensi budaya daripada penegasan imannya.(tii)


(ACF)