Sheikh Yasir al-Dawsary: Associate Professor yang Jadi Imam Masjidil Haram

N Zaid - Makkah 20/03/2023
Sheikh Dr Yasir bin Rashid. Foto: Haramainsharifain
Sheikh Dr Yasir bin Rashid. Foto: Haramainsharifain

Oase.id - Sheikh Dr Yasir bin Rashid bin Hussein Al-Wadani Al-Dawsary adalah salah satu qari terkenal di dunia Islam, dan Imam dan Khatib Masjid Al Haram, Makkah. Sheikh Yasir Al-Dawsary lahir di provinsi Al-Kharj pada tahun 1980 M dan menikah dengan dikaruniai dua putri dan dua putra.

Ia memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Syariah di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud setelah 7 tahun ia belajar gelar master dalam yurisprudensi komparatif dari Institut Peradilan Tinggi di universitas yang sama dan kemudian memperoleh gelar doktor di Departemen Fiqh Komparatif dari Universitas tersebut. lembaga tinggi Kejaksaan. Dia bekerja sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pangeran Sultan untuk menghafal Al-Quran di pertahanan udara.

Sheikh Yasir al-Dawsary termasuk di antara tokoh paling berpengaruh di masyarakat, menurut majalah Insan.

Dia saat ini menjadi staf pengajar di King Saud University dengan pangkat Associate Professor dan merupakan pendiri Ayat Quranic Media Group bersama rekannya Sheikh Nasir Al Qatami. Dia memiliki keanggotaan di beberapa asosiasi seperti: Saudi Fiqh Scientific Society, Saudi Scientific Society for the Quran and its Sciences, dan Saudi society for Dakwah Studies dan juga anggota Komite Eropa di World Assembly of Muslim Youth, dan anggota Al Birr Society di Al-Kharj.

Sheikh Yasir Al-Dawsary telah menjadi Imam di banyak masjid, termasuk Masjid Abdullah Al-Khulaifi, Masjid Al-Kawthar, Masjid Imam Abdullah bin Saud, masjid Sheikh Abdul Aziz bin Baz, kemudian datang pengangkatannya ke Masjid Fahad Al-Dakheel di Riyadh pada tahun 1426 H di mana dia memimpin sampai pengangkatannya sebagai Imam di Masjid Al Haram pada tahun 1441 H.

Ia juga ditugaskan untuk memimpin Masjidil Haram pada bulan Ramadhan 1436 H (2015 M) dan berlanjut hingga tahun 1440 H ketika ia diangkat sebagai imam tetap oleh Raja Salman.

Pada tahun 1444 H (2022), ia diangkat sebagai Khatib Masjid Al Haram dengan Keputusan Kerajaan yang dikeluarkan oleh Raja Salman.

Shalat pertama yang dipimpin oleh Syekh Yasir sebagai Imam tamu Masjidil Haram pada bulan Ramadhan tahun 1436 H atau 2015.(haramainsharifain)


(ACF)
TAGs: Makkah