Amalkan Doa Ini Saat Stress atau Depresi Melanda

N Zaid - Doa Ketika Tertimpa Musibah 16/02/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Sebagai manusia biasa, perasaan kita seringkali bisa berubah; terkadang, kita bisa senang, gembira, tenang, atau bahkan marah.

Bahkan tak jarang, rasa cemas, khawatir, takut, dan depresi mendominasi hati manusia. Ini akan membuat seseorang merasa gelisah dan tidak nyaman.

Ketakutan dan kekhawatiran ini bisa disebabkan oleh apa saja. Bisa jadi karena pekerjaan yang belum selesai, masalah rumah tangga hingga potensi masalah lain yang belum terjadi namun membuat kita takut dan khawatir.

Perasaan cemas, takut bahkan depresi yang hampir semua orang pernah rasakan tentu bukan perasaan yang menyenangkan. Meskipun perasaan tersebut seringkali mengganggu, namun manusia tidak dapat lepas dari perasaan tersebut.

Untuk itu, Islam sebagai agama yang sempurna dan peduli menganjurkan ketika umat Islam menghadapi tantangan mental seperti kecemasan atau depresi, cukup berharap kedamaian dari Allah SWT dan membaca doa untuk menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Al-Fath: 4.

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana."

Oleh karena itu, dianjurkan bagi kita sebagai umat Islam untuk tidak terbawa perasaan cemas atau bahkan takut karena ajaran Islam telah mengajarkan kepada kita bahwa kita dapat membawa ketenangan pikiran dari Allah subhanahu wa ta'ala melalui salat dan doa untuk menenangkan hati kita yang dapat mengurangi kecemasan dan kecemasan kita.

Namun, ingatlah bahwa doa penenteram hati ini adalah bentuk permohonan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sehingga harus disertai dengan ketabahan dan kesabaran.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, Sallallahu alaihi wa Sallam yang dapat dibaca oleh umat Islam untuk mengurangi kecemasan, depresi, dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

Hasbiyallah wa ni'mal wakil.

Artinya: Cukuplah Allah menjadi penolong dan Allah sebaik-baik pelindung.

Ingatlah bahwa mengalami depresi atau gangguan mental lainnya tidak selalu berarti bahwa seseorang tidak percaya kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan keputusan ilahi-Nya atau karena seseorang memiliki iman yang lebih rendah, tetapi jika seseorang hanya mengandalkan Allah terlepas dari tantangan mental yang dia hadapi, itu membuktikan betapa teguh imannya.

Semoga Allah selalu melindungi kita dan menghilangkan perasaan cemas dan depresi dari hati kita. Ameen Ya Rabbil Alameen.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Ta'awwadhuu billlah min jahd albalaa'i, wadarak alshshaqa'i, wasu' alqada'i, washamatat al'a'da'

Artinya: Berlindunglah kepada Allah dari kesulitan bencana yang parah, dari akhir yang buruk dan nasib buruk dan dari kesenangan jahat musuhmu.(theislamicinformation)


(ACF)