Muslim Inggris memuji iklan Tesco Idul Fitri

N Zaid - Ramadan 2023 18/04/2023
Samosa 'layak ditunggu' milik Alia. (Tesco)
Samosa 'layak ditunggu' milik Alia. (Tesco)

Oase.id - Jaringan supermarket Inggris Tesco telah merilis iklan baru untuk menandai perayaan Idul Fitri, dan telah dipuji karena menyoroti komunitas Muslim di negara itu selama bulan suci Ramadhan.

Sekitar 4 juta Muslim di seluruh Inggris bersiap untuk menandai akhir Ramadhan.

Iklan berdurasi 30 detik, berjudul "samosa Alia yang 'layak ditunggu'," menampilkan keluarga Muslim Inggris, yang dipimpin oleh ibu Alia, mengadakan pesta yang menampilkan samosa sayuran.

Video tersebut adalah bagian dari rangkaian resep “Food Love Stories” Tesco, yang mempromosikan masakan sederhana dan mudah diakses.

Chief Customer Officer Tesco Alessandra Bellini mengatakan kepada Arab News: “Tesco 'Food Love Stories' adalah tentang bagaimana makanan enak menyatukan orang-orang. Bagi banyak Muslim, Ramadhan dan Idul Fitri adalah momen penting dalam kalender mereka — dengan makanan sebagai inti perayaan. Kami mengembangkan kampanye ini untuk berbagi cerita dari komunitas ini pada waktu khusus ini dan dengan bangga membantu mereka merasa dilihat, didengar, dan dipahami.”

Setelah iklan tersebut dirilis di Twitter, banyak pengguna memuji perhatian Tesco terhadap detail dan musik yang diputar di klip tersebut — sebuah cover dari lagu Rudimental “Feel the Love” oleh Leo Kalyan, yang menggunakan bahasa Inggris dan Urdu.

“Sangat penting bagi kami untuk menceritakan kisah ini dengan cara yang otentik dan nyata, jadi itulah mengapa di setiap langkah perjalanan kami memastikan untuk mendengarkan, melibatkan, dan berkonsultasi dengan orang-orang dengan pengalaman hidup,” George Rivers, kepala kampanye Tesco, mengatakan kepada Arab News. 

Iklan itu disambut dengan pujian luas di Twitter. Seorang pengguna, @EduRashida, berkata: “Iklan yang bagus. Ingin sekali bisa mengakses soundtrack/tahu siapa yang melakukannya.”

Yang lain, @MissEmmaTurner, berkata: “Iklan yang indah dan benar-benar tepat untuk merayakan dan mewakili Muslim selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Sudah waktunya semua agama dan perayaan diwakili. Tidak sabar untuk melihat iklan yang lebih beragam ke depannya.”

Iklan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian rilis kehumasan oleh supermarket tersebut, bersama dengan firma iklan BBH, yang disewa oleh Tesco pada tahun 2015.

Seorang juru bicara kantor pers Tesco mengatakan kepada Arab News: "Kami bekerja sama dengan Jaringan Ras dan Etnisitas di Tesco saat mengembangkan kampanye, untuk memastikan pengalaman Ramadhan dan Idul Fitri terwakili secara otentik."

BBH, menggunakan penelitian dari konsultan keragaman dan inklusi The Unmistakables, menemukan bahwa 67 persen Muslim di Inggris merasa kurang terwakili atau digambarkan secara negatif di media Inggris.

Akibatnya, BBH dan Tesco beralih ke perayaan Ramadhan, termasuk pesta buka puasa, sebagai cara untuk meningkatkan profil supermarket dan melayani komunitas Muslim Inggris yang terus berkembang.

Helen Rhodes, direktur kreatif eksekutif BBH London, berkata: “Ambisi kreatif kami sederhana, untuk menciptakan karya yang tidak hanya representatif tetapi juga menyuarakan industri kreatif Muslim kami.”

Sebagai bagian dari kemitraan, Tesco pada tahun 2017 menampilkan iklan Natal yang menampilkan sebuah keluarga Muslim yang merayakan acara tersebut.

Iklan tersebut menimbulkan tuduhan bahwa Tesco tidak menghormati iman Kristen. Sebagai tanggapan, supermarket mengatakan: "Semua orang disambut di Tesco Natal ini dan kami bangga merayakan banyak cara pelanggan kami berkumpul selama musim perayaan."

Seorang pengguna Twitter, @LouisePentland, berkata: “Tampaknya (sebagian kecil) orang kecewa dengan iklan Tesco karena ada orang Muslim di dalamnya. Betapa konyolnya. Mengapa tidak menikmati Natal saja dan mencintai semua orang?”

Mengomentari iklan Ramadhan Tesco yang lalu, BBH mengatakan: “Kami fokus pada momen buka puasa, makan malam yang berbuka puasa. Untuk memperingati acara tersebut, kami menggunakan poster digital dengan cara baru: Di papan reklame besar, makanan muncul dan menghilang sejalan dengan waktu puasa — sehingga piring terisi tepat saat matahari terbenam, dan kemudian dikosongkan lagi saat matahari terbit di pagi hari. ”

Serangkaian kampanye Tesco dengan BBH menghasilkan peningkatan 275 persen dalam jumlah penyebutan merek di media sosial, The Drum melaporkan.


(ACF)
TAGs: Ramadan 2023