Tetapkan Idulfitri 1442 H, Pemerintah Gelar Sidang Isbat pada 11 Mei 2021

Achmad Firdaus - Ramadhan 2021 Idulfitri 2021 05/05/2021
Gambar oleh Lars_Nissen dari Pixabay
Gambar oleh Lars_Nissen dari Pixabay

Oase.id - Pemerintah bakal menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Idulfitri 1442 H. Sidang isbat bakal dilaksanakan di Gedung Kementerian Agama pada Selasa, 11 Mei 2021 atau hari ke-29 bulan Ramadhan.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, akan memimpin jalannya sidang isbat yang akan diikuti oleh Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat, dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas). Sidang isbat digelar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.  

"Sidang digelar secara tertutup dan terbuka. Tertutup karena peserta sidang isbat dibatasi. Sementara terbuka, karena akan disiarkan secara daring," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam rekaman video.

Ada tiga tahapan yang akan dijalankan dalam sidang isbat nanti. Yang pertama yakni pemaparan posisi hilal oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Yang kedua  yakni menggelar sidang isbat (ba'da maghrib) dan kemudian pengumuman hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan setelah salat Isya secara live TV dan daring. Rangkaian sidang isbat ini dimulai pukul 16:45 WIB.

"Kita berdoa semoga semuanya berjalan lancar, dan insyallah kita akan melaksanakan Idulfitri 1442 H, setelah kita mendapatkan informasi dan keputusan dari pemerintah," lanjutnya.

Kemenag menjadwalkan menggelar rukyatul hilal di 88 titik di seluruh Indonesia. Khusus, di DKI Jakarta rukyatul hilal dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai tujuh, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.
 
"Hasil sidang Isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag," tutur dia.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus