3 Dampak Buruk Miras Bagi Kesehatan

Phooby Kamaratih - Kesehatan 02/03/2021
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Oase.id – Minuman keras (miras) merupakan salah satu minuman yang haram untuk dikonsumsi oleh kaum muslimin. Selain bisa membuat orang kehilangan kesadaran, mengonsumsi miras juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Memang, dampak buruk miras bagi kesehatan tidak langsung dirasakan tubuh sesaat setelah kita mengonsumsinya. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus atau dalam jangka panjang, miras bisa merusak organ-organ di dalam tubuh, sehingga menimbulkan sejumlah penyakit bahkan bisa sampai meninggal dunia.

Dilansir healthline.com, berikut berbagai efek buruk miras pada tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan berlebihan;

1. Kerusakan hati

Hati merupakan organ yang berfungsi untuk membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh, termasuk alkohol yang terkandung dalam miras. Saat alkohol dikonsumsi jangka panjang, maka akan meningkatkan risiko radang hati kronis dan penyakit hati lainnya.

Peradangan hati biasa dikenal sebagai sirosis, hal ini akan berakibat pada sulitnya tubuh untuk mengeluarkan racun dan menyebabkan penumpukan racun pada hati.

2. Sistem saraf pusat

Alkohol dapat mengurangi kerja komunikasi antara otak dan tubuh, membuat koordinasi seluruh tubuh menjadi sulit. Efek kecil yang sering muncul pada seseorang yang sering mengonsumsi miras, yakni mengalami mati rasa dan kesemutan pada bagian kaki dan tangan.

Selain itu, meminum miras juga dapat membuat otak sulit untuk mengingat jangka panjang. Seiring waktu, akan menimbulkan kerusakan lobus frontal yang bertanggung jawab untuk kontrol emosional, memori jangka pendek, dan penilaian, selain peran penting lainnya.

3. Sistem pencernaan

Alkohol mampu merusak jaringan di saluran pencernaan dan mencegah usus mencerna makanan serta menyerap nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Meminum miras dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kembung, perasaan kenyang, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga berisiko terkena kanker di mulut, tenggorokan, kerongkongan, usus besar dan hati. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena mengonsumsi tembakau dan alkohol dalam waktu yang bersamaan dan jangka waktu yang lama.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus