5 Keutamaan Membaca Doa Setelah Mendengar Azan

Siti Mahmudah - azan Salat Doa Sehari-hari 03/01/2022
Doa (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Oase.id - Azan merupakan pertanda bagi umat muslim untuk menyegerakan salat. Nabi Muhammad ﷺ menganjurkan agar membaca doa setelah mendengar azan. Sebab, membaca setiap bait pada lafaz azan menyimpan banyak pahala dan keutamaan. 

Berikut Oase.id merangkum 5 keutamaan membaca doa setelah azan, yakni sebagai berikut.

1. Mendapatkan syafaat

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab Radiyallahu ahu (RA), berkata bahwa Rasul ﷺ bersabda: 

“Jika kalian mendengar suara muazin, maka ucapkanlah seperti yang diucapkannya, kemudian bacalah salawat kepadaku, karena seorang yang membaca salawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kebaikan."

"Kemudian memohonlah kepada Allah agar aku dianugerahi kedudukan yang tinggi, yaitu surga yang tidak akan dicapai kecuali oleh orang-orang yang sungguh-sungguh dalam beribadah, dan aku berharap agar aku memperolehnya, barang siapa yang memohonkan aku demikian, maka dia akan mendapat syafaatku." (HR. Imam Muslim)

2. Masuk surga

Dari Umar bin Khattab Radiyallahu anhu (RA), bahwa ia bersabda:

“Jika muazin mengucapkan kalimat Allahu akbar Allahu akbar, maka seseorang dari kalian mengucapkan, Allahu akbar Allahu akbar, maka kemudian jika dia mengucapkan Asyhadu an laa ilaaha illallaah, maka mengucapkan Asyhadu an laa ilaaha illallaah, jika dia mengucapkan Asyhadu anna muhammadar rasulullah, maka mengucapkan Asyhadu anna muhammadar rasulullah."

"Jika dia mengucapkan Hayya ‘alash shalah, maka mengucapkan Laa hawla wa laa quwwata illa billaah, jika dia mengucapkan Hayya ‘alal falah, maka mengucapkan Laa hawla walaa quwwata illaa billaah, kemudian jika dia mengucapkan Allahu akbar Allahu akbar, maka mengucapkan Allaahu akbar allaahu akbar, kemudian jika dia mengucapkan Laa ilaha illallaah, maka mengucapkan Laa ilaha illallaah  dari dalam lubuk hatinya, maka dia akan masuk surga.” (HR. Imam Muslim)

3. Mendapatkan ampunan dosa

Dari Sa’id bin Abi Waqash Radiyallahu anhu (RA) dari Rasul ﷺ bahwa beliau bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar suara muazin, kemudian mengucapkan Wa asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laasyariikalah, wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh, radlitu billaahi rabba, wa bi muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallama rasuulaa, wa bil islaamidiinaa, maka diampuni baginya dosa-dosanya.” (HR. Imam Muslim)

4. Mendapatkan sepuluh kebaikan

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab Radiyallahu anhu (RA), ia berkata bahwa Rasul ﷺbeersabda:

“Jika kalian mendengar suara muazin, maka ucapkanlah seperti yang diucapkannya, kemudian bacalah salawat kepadaku, karena seseorang yang membaca salawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kebaikan.” (HR. Imam Muslim) dalam kitab sahihnya.

5. Doanya dikabulkan

Diriwayatkan dari Anas Radiyallahu anhu (RA), ia berkata bahwa Rasul ﷺ bersabda:

“Tidak tertolak doa antar azan dan ikamah.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Sunni)

Selaras, dalam riwayat Abdullah bin Amr bin Ash bin Amr Radiyallahu anhu (RA), bahwa sungguh ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW), wahai Rasul para muazin telah melebihi keutamaan dari kami, ujarnya.

Lalu, Rasul menjawab dengan sabdanya, “Bacalah sebagaimana yang mereka bacakan, jika (azan) telah selesai, maka berdoalah niscaya Allah akan mengabulkannya.” (HR. Abu Dawud)

Seirama, dalam kitab Sunan Abu Dawud, bab jihad dengan sanad yang sahih (kuat) dari Sahl bin Sa’id Radiyallahu anhu (RA) ia berkata, bahwa Rasul ﷺ bersabda:

“Dua doa yang tidak akan tertolak, adalah doa ketika azan dan perang sewaktu berhadapan sebagian (pasukan) kepada yang lain.”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar an-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)