3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Safar

Phooby Kamaratih - Inspirasi 13/09/2021
 Photo by Muhammadtaha Ibrahim Ma'aji from Pexels
Photo by Muhammadtaha Ibrahim Ma'aji from Pexels

Oase.id Bulan Safar tahun ini jatuh pada tanggal 8 September kemarin, yang merupakan bulan kedua setelah Muharram pada kalender Hijriah. Dalam sejarah Islam, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi selama bulan safar.

Peristiwa-peristiwa ini yang membuktikan bahwa bulan safar bukannya bulan kesialan. Seperti hadis berikut, Rasulullah ﷺ bersabda,“Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari).

Habib Abu Bakar al-‘Adni menjelaskan dalam Mandzumah Syarh al-Atsar fi ma Warada ‘an Syahri Safar bahwa Rasulullah ﷺ melakukan hal-hal baik untuk menghilangkan tanggapan negatif terhadap bulan Safar yang diyakini masyarakat masa jahiliyah saat itu. Berikut peristiwanya:

1. Pernikahan Nabi Muhammad ﷺ dengan Khadijah

Pada bulan Safar Rasulullah ﷺ menikahi Khadijah. Khadijah dikenal sebagai seorang Ummul Mukminin, yang berarti ibu bagi segenap orang beriman di seluruh dunia. Sejarah mencatat pernikahan Nabi ﷺ dengan Khadijah telah bersama selama 25 tahun.

مُبْتَدِئًا زَوَاجَهُ مِنْ أُمِّنَا # خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى بِأَيَّامِ صَفَرْ وَكَانَ هَذَا قَبْلَ وَحْيِ رَبِّنَا...

“Dimulai dengan pernikahan beliau dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).”

Selain itu, pernikahan Sayyidah Aisyah, putri Nabi Muhammad ﷺ dengan Ali bin Abi Thalib juga terjadi di bulan Safar..

2. Perang Al-Abwa

Peristiwa perang Al-Abwa ini terjadi pada tahun 12 Hijriah pada bulan Safar yang merupakan perang pertama dalam Islam. Saat itu Rasulullah ﷺ hijrah dari Makkah ke Madinah untuk memerangi kaum Quraisy. Namun, umat Islam belum mampu memenangkan peperangan.

وَغَزْوَةُ الْأَبْوَاءِ فِيْهِ صَدَرَتْ

“Perang Abwa di bulan Safar yang terjadi di permulaan.”

3. Mulai Hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah

Peristiwa hijrah Rasulullah ﷺ tersebut terjadi pada malam tanggal 27 Safar dan sampai di Yastrib (Madinah) pada tanggal 12 Rabiul awal.

وَهِجْرَةُ الرَّسُوْلِ فِيْمَا ذَكَرُوا # بِآخِرِ الْأَيَّامِ فِي غَارِ الْحَجَرْ

Hijrahnya Rasulullah pada akhir bulan Safar di goa al-Hajar sebagaimana para ulama sebutkan.”


(ACF)
TAGs: Inspirasi